IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT (STUDI KASUS di SMK NEGERI 1 JENANGAN PONOROGO

Muna, Evi Muhsinatul (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT (STUDI KASUS di SMK NEGERI 1 JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
EVI MUHSINATUL MUNA-211216037-SKRIPSI -2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi saat ini, persaingan lembaga pendidikan semakin kompetitif. Banyaknya lembaga pendidikan saat ini baik negeri maupun swasta yang tidak mendapatkan peserta didik baru. Hal ini berakibat terhadap persaingan lembaga pendidikan yang semakin tinggi untuk mendapatkan peserta didik. Dalam usaha memajukan lembaga pendidikan khususnya untuk menarik peserta didik maka suatu lembaga harus memiliki manajemen atau strategi salah satunya yaitu lembaga sekolah harus memiliki manajemen pemasaran. Karena di lingkungan sekolah, peserta didik merupakan unsur inti kegiatan pendidikan. Lebih-lebih di era persaingan lembaga yang begitu ketat seperti sekarang, sekolah harus berjuang secara sungguh-sungguh untuk mendapatkan peserta didik. Tak sedikit lembaga pendidikan yang mati karena kehabisan peserta didik. Manajemen pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dapat dijalankan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dibasiskan dengan Total Quality Management. Dengan hal tersebut pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan akan terus berkembang sehingga dapat menarik minat peserta didik dengan mudah.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana perencanaan pemasaran berbasis Total Quality Management di SMKN 1 Jenangan. 2) Bagaimana penerapan/pelaksanaan pemasaran berbasis Total Quality Management SMKN 1 Jenangan. 3) Bagaimana pengendalian penerapan pemasaran berbasis Total Quality Management di SMKN 1 Jenangan.
Penelitian ini termasuk pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data, Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah kondensasi data, penyaian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, Peneliti menggunakan tringulasi sumber, tringulasi teknik dan tringulasi waktu.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Dalam proses perencanaan pemasaran lembaga pendidikan, SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo sangat memperhatikan kualitas pendidikan serta fokus pada pelanggan pendidikan. 2) Dalam pelaksanaan pemasaran, SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo membentuk kepanitiaan serta melakukan kerja sama dengan industri dan perusahaan. Serta melakukan pelayanan prima. 3) SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo melakukan pengendalian pemasaran. Dalam pelaksanaan pengendalian pemasaran SMKN 1 Jenangan Ponorogo memiliki rencana kontrol tahunan untuk mempermudah pengendalian yang dilakukan. Selain itu, SMKN 1 Jenangan Ponorogo juga melakukan kontrol terhadap kesesuaian-kesesuaian terhadap layanan pemasaran yang diberikan oleh lembaga. Hasil dari pengendalian ini, juga digunakan sebagai acuan untuk perencanaan pemasaran yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WAHID HARIYANTO
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:50
Last Modified: 22 Jun 2021 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15859

Actions (login required)

View Item View Item