..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pemanfaatan Aplikasi Whatsaap Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Di MI Ma'arif Ngrupit)

Sari, Like Alfando Argadia (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pemanfaatan Aplikasi Whatsaap Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Di MI Ma'arif Ngrupit). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616156_LIKE ALFANDO_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sari, Like Alfando Argadia. 2020. Pemanfatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di MI Ma’arif Ngrupit).Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman, M.Pd.I
Kata Kunci: Aplikasi Whatsapp, Media Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.
Pembelajaran era Covid-19 adalah dengan menerapkan Social Distancing sehingga pembelajaran yang awalnya konvensional tatap muka beralih menjadi pembelajaran jarak jauh. Proses pembelajaran dilakukan dari rumah dengan menggunakan teknologi dan media internet. Sistem pembelajaran ini dinamakan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan).Di MI Ma’arif Ngrupit di kelas VI-B menggunakan aplikasi Google Classroom akan tetapi hasil pembelajaran siswa belum maksimal. Hal ini dikarenakan terdapat siswa yang tidak bisa menggunakan aplikasi ini. maka dari itu, perlunya alternatif penggunaan aplikasi lain seperti Aplikasi WhatsApp. Sebelumnya aplikasi WhatsApp ini sudah digunakan dikelas VI-B untuk penyebaran terkait informasi pembelajaran. jadi seluruh siswa sudah bisa menggunakan aplikasi ini dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kendala siswa dalam pembelajaran daring di MI Ma’arif Ngrupit. (2) Untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran daring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang memberikan asil data deskriptif berupa kata-kata tertulis dengan jenis penelitian studi kasus. Menggunakan metode Observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kendala Dalam Penggunaan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran adalah terkait ketersediaan fasilitas pendukung untuk pembelajaran online, kurang pahamnya peserta didik dengan materi yang diberikan oleh guru. (2) Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Daring adalah dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat didalam aplikasi seperti fitur pesan teks, dokumen, gambar/foto, video, audio, dan video call yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:35
Last Modified: 22 Jun 2021 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15858

Actions (login required)

View Item View Item