..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)....Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas IV Di MIN 7 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Mustafida, Annisa Fa'izzatul (2021) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)....Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas IV Di MIN 7 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616136 ANNISA F.M (PGMI).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mustafida, Annisa Fa’izzatul. 2021. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas IV Di MIN 7 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua dan Kecerdasan Spiritual.
Kecerdasan spiritual merupakan landasan yang diperlukan untuk memfungsikan kecerdasan-kecerdasan yang lain secara efektif. Sebelum adanya pandemi covid-19 peneliti menemukan masalah terkait dengan kecerdasan spiritual, ada beberapa siswa yang tidak melaksanakan pembiasaan keagamaan di sekolah dengan baik. Pada kondisi seperti saat ini peran orangtua dalam memberikan pola asuh sangat diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di era new normal ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pola asuh orangtua siswa kelas IV di MIN 7 Ponorogo; (2) kecerdasan spiritual siswa kelas IV di MIN 7 Ponorogo; (3) pengaruh pola asuh orangtua terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas IV di MIN 7 Ponorogo.
Teknik penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MIN 7 Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 responden yang sekaligus dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan angket pola asuh orangtua dan kecerdasan spiritual sebagai instrument pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) orangtua siswa kelas IV di MIN 7 Ponorogo dominan pada pola asuh demokratis hal ini ditunjukkan, 19 orangtua siswa menerapkan pola asuh demokratis, dan 7 orangtua siswa menerapkan pola asuh otoriter, sedangkan 3 orangtua siswa menerapkan pola asuh permisif.; (2) tingkat kecerdasan spiritual siswa kelas IV MIN 7 Ponorogo tergolong sedang, hal ini dapat ditunjukkan dengan presentase sebagai berikut: a) 5 siswa tergolong kecerdasan spiritualnya tinggi dengan presentase 17,24% b) 20 siswa tergolong kecerdasan spiritualnya sedang dengan presentase 68,96% dan c) 4 siswa tergolong kecerdasan spiritualnya rendah dengan presentase 13,79%.; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas IV di MIN 7 Ponorogo. Besarnya nilai koefisien determinan (R2) yaitu sebesar 36,2%, yang artinya pola asuh orangtua berpengaruh 36,2% terhadap kecerdasan spiritual siswa dan 63,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2021 01:46
Last Modified: 22 Jun 2021 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15856

Actions (login required)

View Item View Item