..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Nilai-nilai Agama Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MI Al-Islahiyah Gaung Asam Palembang Sumatera Selatan kelas III Tahun Pelajaran 2020/2021)

Adilah, Nur (2021) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Nilai-nilai Agama Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MI Al-Islahiyah Gaung Asam Palembang Sumatera Selatan kelas III Tahun Pelajaran 2020/2021). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617089_NUR ADILAH_PERPUS.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

A B S T R A K
A dilah, Nur. 2021. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Agam Pada Anak DiMasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Mi Al-Islahiyah Gaung Asam Kelas III Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Ika Rusdiana, M.A.
Kata Kunci: Peran Orang Tua sebagai motivator dan supervisor, dalam meningkatkan nilai-nilai agama pada anak di MI Al-Islahiyah Gaung Asam Palembang, Sumatra Selatan kelas III.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunya nilai-nilai agama dalam diri anak pada masa pandemi covid-19 yang terjadi pada anak kelas III MI Al-Islahiyah gaung asam. Dapat dikatakan nilai-nilai agama pada diri anak menurun dilihat dari beberapa segi nilai keagamaa, yaitu, nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlaq. Ini disebabkan karna orang tua yang sibuk karena pekerjaan yang mereka lakukan sehari-harinya sehingga tidak maksimal untuk berperan sebagai motivator dan tidak mempunyai waktu untuk menjadi supervisor atau memberikan pengawasan kepada anak. Yang mana didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh Panca Nurwati yang mana hasil penelitianya peran orang tua dalam mengawasi anak belum maksimal karena orang tua sibuk dengan pekerjaanya dan tidak memiliki waktu lebih untuk mengawasi anak-anak mereka, baik dalam memberi pengawasan terhadap perilaku maupun tingkahlaku anak dalam keluarga dan kehidupan sehari-hari.
Fokus pada penelitian ini adalah: Peran orang tua sebagai motivator bagi anak untuk meningkatkan nilai-nilai agama pada masa pandemi covid-19 di MI al-islahiyah gaung asam kelas III, dan Peran orang tua sebagai pengawas bagi anak untuk meningkatkan nilai-nilai agama pada masa pandemi covid-19 di MI al-islahiyah gaung asam kelas III.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan, yang menggunakan metode kualitatif studi kasus, yang menjelaskan tentang peran orang tua dalam meningkatkan nilai-nilai agama pada anak kelas III MI Al-Islahiyah Gaung Asam masa pandemi covid-19. Data yang diperoleh yakni data-data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian menjelaskan dalam bentuk uraian atau kata-kata bukan berbentuk angka, dan dipaparkan dalam bentuk laporan bersifat analisis.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Peran orang tua sebagai motivator bagi anak dalam meningkatkan nilai-nilai agama pada masa pandemi covid-19 di MI Al-Islahiyah gaung asam kelas III. Terdapat beberapa orang tua yang melaksanakan perannya sebagai motivator dan adapun beberapa orang tua yang kurang baik dalam melaksanakan peran sebagai motivator bagi anak. Dorongan yang diberikan dengan contoh memberi hadiah, pujian sehingga anak senang untuk melaksanakan kegiatan yang kearah religius. Peran orang tua seabagai pengawas bagi anak dalam meningkatkan nilai-nilai agama pada masa pandemi covid-19 di MI Al-Islahiyah gaung asam kelas III. Dapat diartikan bahwa rata-rata orang tua atau wali murid kelas III tidak melaksanakan perannya sebagai pengawas, adapun beberapa penyebab yaitu orang tua atau wali murid sibuk untuk bekerja sehari-harinya, terlalu memberikan kebebasan pada anak sehingga anak bebas untuk melakukan kegiatannya sehari-hari tanpa pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2021 01:42
Last Modified: 22 Jun 2021 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15853

Actions (login required)

View Item View Item