Analisis Kitab Risalatul Mahid Karya Masruhan Ihsan dan Relevansinya dengan Materi Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah

Alimah, Shofiyatul (2021) Analisis Kitab Risalatul Mahid Karya Masruhan Ihsan dan Relevansinya dengan Materi Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616116_SHOFIYATUL ALIMAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alimah, Shofiyatul. 2021. Analisis Kitab Risalatul Mahid Karya Masruhan Ihsan dan Relevansinya dengan Materi Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Ali Baul Chusna, M.S.I.
Kata Kunci: Kitab, Risalatul Mahid, Fiqih, Madrasah Ibtidaiyah.
Perkembangan anak pada usia ‘aqil baligh yang merupakan periode sensitif dan memiliki pengaruh yang besar terhadap psikologis anak. Pada tahap ini anak laki-laki dan perempuan akan mengalami tanda yang berbeda. Khususnya bagi perempuan yang mengalami haid atau menstruasi. Bagi beberapa anak perempuan yang baru memasuki usia ‘aqil baligh dan mengalami haid adakalanya sulit untuk menerima dan merasakan perubahan yang terjadi padanya sehingga terkadang banyak menimbulkan persoalan. Hal ini sering terjadi dikarenakan beberapa hal yaitu anak kurang memiliki pengetahuan awal yang cukup mengenai salah satu tanda perubahan dalam ‘aqil baligh yakni haid/menstruasi, kurangnya perhatian dan pengetahuan orang tua dalam memperhatikan anak-anaknya, serta pentingnya mempelajari hukum-hukum haid khususnya para perempuan . Kitab Risalatul Mahid merupakan sebuah risalah yang membahas masalah fiqih perempuan. Pengarang kitab Risalatul Mahid sangat menekankan para perempuan untuk berhati- hati dalam masalah ibadahnya..
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui analisis kitab Risalatul Mahid karya Masruhan Ihsan, (2) Untuk mengetahui relevansi kitab Risalatul Mahid karya Masruhan Ihsan dengan materi fiqih di Madrasah Ibtidaiyah .
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara: (1) Editing, (2) Organizing, (3) Penemuan hasil data. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka (library research). Sumber data yang dibutuhkan adalah kitab Risalatul Mahid karya Masruhan Ihsan sebagai sumber data primer dan data-data yang berhubungan dengan materi haid sebagai sumber data sekunder. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Materi haid dalam kitab Risalatul Mahid karya Masruhan Ihsan memiliki beberapa pokok pembahasan, yaitu tentang asal-usul haid, hikmah haid bagi perempuan yang sedang haid, macam-macam warna dan sifat darah haid, waktu haid dan waktu suci bagi perempuan, mandi bagi orang yang berhadast besar dan tata cara serta kesunahan di saat mandi besar haid. Terdapat relevansi pada isi kitab Risalatul Mahid karya Masruhan Ihsan dengan materi fiqih di Madrasah Ibtidaiyah, antara lain (1) Mengenai perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi tanda-tanda baligh pada keduanya, (2) Pengertian haid menurut bahasa dan istilah, (3) Waktu terjadinya haid mulai dari batas awal usia seorang perempuan dapat dinyatakan haid berumur 9 tahun, waktu minimal haid, umumnya haid, dan maksimal lama waktu haid, (4) Hal-hal yang dilarang ketika perempuan sedang haid, (5) Tata cara bersuci dari dari haid, (6) Sunnah mandi wajib, (7) Hikmah yang dierikan Allah kepada seorang perempuan sedang haid dan hikmah mandi wajib.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2021 01:40
Last Modified: 22 Jun 2021 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15852

Actions (login required)

View Item View Item