..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan Ta'lῑm Al-Muta'allim serta Relevansinya dengan Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Religius

Andriani, Risa Ayu Pipit (2021) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan Ta'lῑm Al-Muta'allim serta Relevansinya dengan Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Religius. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616118_RISA AYU PIPIT ANDRIANI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Andriani, Risa Ayu Pipit. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan Ta'lῑm Al-Muta'allim serta Relevansinya dengan Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Religius. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan, Karakter Religius, Akhlak, Kitab, Akhlak lil Banat, Ta’limul Muta’alim.

Pengarang kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt adalah 'Umar bin Ahmad Baraja' dan Kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim adalah karangan Syaikh al-Zarnuji, kitab ini juga merupakan kitab yang terkenal tentang pemikiran pendidikan Islam yang dikemukakan oleh al-Zarnuji. Melihat realita bahwa masalah-masalah akhlak sekarang terus berkembang nasehat terbaik yang dipesankan Imam Ghazali dalam pendidikan ialah memperhatikan masalah pendidikan anak itu sejak kecil, sejak permulaan umurnya, karena bagaimana adanya seorang anak, begitulah besarnya nanti. Kedua kitab tersebut berisikan tentang adab dalam belajar. Sehingga dalam pembahasan kitab yang mereka tulis sangat relevan dengan pendidikan akhlak. Kedua kitab tersebut dapat membantu dalam memperbaiki pendidikan akhlak saat ini yang mulai mengalami kemerosotan. Serta dapat memberikan sumbangsih dalam Pendidikan karakter. Tingginya angka kenakalan dan kurangnya sikap sopan santun peserta didik dipandang sebagai akibat dari buruknya sistem pendidikan saat ini. Ditambah dengan masih minimnya perhatian guru terhadap pendidikan dan perkembangan karakter peserta didik serta kemajuan teknologi berkembang sangat pesat yang akan banyak berpengaruh dengan pekembangan peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui nilai-nilai akhlak dalam kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt, (2) Untuk mengetahui nilai-nilai akhlak dalam kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim, (3) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dengan pendidikan karakter dalam kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan Ta'lῑm Al-Muta'allim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kajian pustaka (library research). Sumber data yang dibutuhkan adalah kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim sebagai sumber data primer dan data-data yang berhubungan dengan akhlak sebagai sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah literer. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt yaitu (1)Nilai pendidikan terhadap Allah (2) Nilai pendidikan terhadap Nabi (3)Amanah (4)Birrul walidain (5)Sopan santun (6)Toleransi (7)Dermawan (8)Rendah Hati. Nilai-nilai yang terdapat dalam kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim yaitu (1)Nilai pendidikan terhadap Allah (2)Nilai pendidikan terhadap Rosulullah (3)Nilai pendidikan kepada sesama makhluk. Terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dan pendidikan karakter religius dalam kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan Ta'lῑm Al-Muta'allim, yaitu: (1)Nilai pendidikan pada Allah (2)Nilai pendidikan pada Rosulullah (3)Nilai pendidikan pada sesama makhluk (4)Amanah (5)Sabar (6)Tabah (7)Tawakkal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2021 01:39
Last Modified: 22 Jun 2021 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item