Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi (Studi Kasus di SMAN 1 Jenangan)

Umam, Hafidza Yutsanani Kholisul (2021) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi (Studi Kasus di SMAN 1 Jenangan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217070_HAFIDZA YUTSANANI_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya pandemi covid-19 mengharuskan lembaga pendidikan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Adanya pembelajaran jarak jauh yang relatif baru bagi dunia pendidikan mengharuskan banyak perubahan dalam menyesuaikan pembelajaran di masa pandemi. Kinerja guru di masa pandemi merupakan kunci bagi kelangsungan pembelajaran, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Sejalan dengan hal tersebut, upaya kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam meningkatkan serta mengoptimalkan kinerja guru di masa pandemi yang mana kepala sekolah merupakan penanggung jawab secara keseluruhan dalam suatu lembaga termasuk kinerja guru di masa pandemi.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan: (1) untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru melakukan perencanaan pembelajaran di masa pandemi. (2) untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru melakukan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi. (3) untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru melakukan evaluasi pembelajaran di masa pandemi.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) upaya kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran yaitu adanya komunikasi terkait hambatan yang ditemui guru, adanya sosialisasi perubahan rencana pembelajaran, monitoring, motivasi, serta supervisi akademik. (2) upaya kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru yaitu dengan adanya pemantauan dalam pembelajaran daring, serta melakukan IHT terkait Google Classroom sebagai media pembelajaran daring di SMAN 1 Jenangan. Selain itu juga membentuk tim khusus guna mengontrol siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran daring. (3) upaya kepala sekolah dalam evaluasi pembelajaran oleh guru yaitu dengan mengontrol segala aspek yang berkaitan dalam mendukung evaluasi pembelajaran, adanya sosialisasi IHT E-rapor guna mempermudah pelaporan hasil evaluasi pembelajaran, serta pelaksanaan sosialisasi A-Kinerja A-GLD dan SKP Online dalam menanggapi administrasi yang mulai dilakukan secara online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2021 01:38
Last Modified: 22 Jun 2021 01:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15847

Actions (login required)

View Item View Item