Manajemen Pendidikan Karakter di MA Manbaul Ulum Semanding Jenangan Tahun Pelajaran 2018/2019

Ulinnuha, Niam Asad (2021) Manajemen Pendidikan Karakter di MA Manbaul Ulum Semanding Jenangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NIAM ASAD ULINNUHA_211215026_TARBIYAH MANAJEMEMN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ulinnuha, Niam Asad. 2021. Manajemen Pendidikan Karakter di MA Manbaul Ulum Semanding Jenangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. A.B. Musyafa' Fathoni, M.Pd.

Kata Kunci: pendidikan karakter, manajemen

Perilaku siswa bermoral lahir dari budaya sekolah yang bermoral dan budaya sekolah yang bermoral tumbuh dari pribadi- pribadi guru yang bermoral. Dalam hal ini, sekolah merupakan salah satu tempat pembentukan karakter yang paling tepat selain penanaman karakter di lingkungan rumah yang di pantau langsung oleh keluarga dan kedua orang tua, sekolah yang diamanahi para orang tua untuk membimbing peserta didik, selain mencerdaskan anak-anak mereka akan pengetahuan sebagai bekal peserta didik di kehidupannya juga para orang tua mengharapkan kepada pendidikan sekolah untuk membina perilaku anak-anaknya dengan karakter yang baik dan mulia.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui perencanaan pendidikan karakter siswa di MA Manbaul Ulum Semanding Jenangan Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Untuk mengetahui pengorganisasian pendidikan karakter siswa di MA Manbaul Ulum Semanding Jenangan Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter siswa di MA Manbaul Ulum Semanding Jenangan Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) Untuk mengetahui evaluasi pendidikan karakter siswa di MA Manbaul Ulum Semanding Jenangan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subyek penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan adalah melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Reduksi data (2) Display/ penyajian data dan (3) Mengambil kesimpulan/verifikasi.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Perencanaan
pendidikankarakter siswa di MA Manbaul Ulum adalah melaluai penetapan kegiatan penanaman karakter atau budi pekerti yang dituangkan dalam RKM (Rencana Kerja Madrasah). Pengorganisasian pendidikan karakter siswa di MA Manbaul Ulum adalah dengan penerbitan Surat Tugas (SK Kepala Madrasah) untuk penanaman karakter, yang terbagi pada dua aspek, ubudiyah dan amaliyah. Pelaksanaan pendidikan karakter siswa di MA Manbaul Ulum berupa pengamalan (kegiatan harian, mingguan, bulanan, incidental; kegiatan pembelajaran (KBM); program madrasah; dan kegiatan ekstrakurikuler) dan metode pelaksanaan (pembiasaan,keteladanan, spontanitas, pengkondisian, reward and punishment). Evaluasi pendidikan karakter siswa di MA Manbaul Ulum Semanding terdiri dari evaluasi tertulis (buku jumal, catatan penskoran, raport) dan evaluasi non tulis (pengamatan perilaku siswa).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: A.B. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:52
Last Modified: 21 Jun 2021 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15841

Actions (login required)

View Item View Item