PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING DI MIN 7 PONOROGO

Wahyuni, Amanah Dwi (2021) PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING DI MIN 7 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617166_AMANAH DWI WAHYUNI_E THESES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wahyuni, Amanah Dwi. 2021. Efektivitas Pembelajaran Pada Masa Pandemi Menggunakan Media E-learning di MIN 7 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: pembelajaran e-learning, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.

Saat ini dunia dihadapkan dengan wabah penyakit yang disebabkan oleh virus dengan istilah covid 19. Seiring dengan melonjaknya angka kasus positif covid 19 di Indonesia mendesak pemerintah untuk segera menangani pandemi covid 19 ini. Berbagai kebijakan telah dilakukan, seperti menerapkan physical distancing, PSBB, lockdown, dan gerakan 5M. Dengan adanya kebijakan-kebijakan tersebut tentu menimbulkan dampak bagi sebagian besar aspek kehidupan, khususnya pada aspek pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka menjadi menjadi tidak bisa dilaksnakan. Sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan agar proses pembelajaran dapat dilaksnakan. Salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah adalah mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan menggunakan situs e-learning. Media E-Learning ditunjang dengan berbagai filtur-filtur pembelajaran yang dibuat layaknya seperti pembelajaran tatap muka.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran masa pandemi menggunakan media e-learning di MIN 7 Ponorogo, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran masa pandemi menggunakan media e-learning di MIN 7 Ponorogo, (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran masa pandemi menggunakan media e-learning di MIN 7 Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di MIN 7 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data melalui tahapan-tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun kelas yang proses pembelajaran menggunakan E-Learning, yaitu kelas 5A MIN 7 Ponorogo dengan jumlah peserta didik 23. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara untuk pengumpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Dalam perencanaan pembelajaran menggunakan e-learning guru terlebih dahulu menyiapkan RPP, memilih metode pembelajaran dan alat bantu yang relevan yakni menggunakan video, menentukan cara evaluasinya yakni dengan mengumpulkan resume atau mengerjkan soal latihan di e-learning, setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai guru selalu mengirim instruksi pembelajaran melalui group Whatshapp, sebelum membuat video pembelajaran dan memilih materi guru juga mencari referensi yang mendukung di google atau browser yang lainnya untuk disampaikan kepada peserta didik guna untuk menambah pengetahuan. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media e-learning guru selalu mengeshare materi pembelajaran setiap hari sebelum pukul 07.00, dan guru juga memberikan motivasi di akhir video pembelajaran kepada peserta didik supaya peserta didik selalu semangat dalam mengikuti pembelajaran meskipun daring, guru juga memantau pembelajaran siswa dengan sesekali mengecek absesnsi siswa. (3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaraan melalui media e-learning, yaitu dengan cara melihat hasil resume peserta didik seberapa jauh peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan guru melalui menyimak video. Selain itu guru juga melihat kemampuan siswa berdasarkan soal yang dikerjakan di e-learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2021 05:55
Last Modified: 21 Jun 2021 05:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15839

Actions (login required)

View Item View Item