..(UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Nilai-Nilai Pendidikan dalam Shalat Fardhu Menurut Kajian Kitab Mabadi'ul Fiqhiyah

Mardiyah, Umahatul (2021) ..(UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Nilai-Nilai Pendidikan dalam Shalat Fardhu Menurut Kajian Kitab Mabadi'ul Fiqhiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210616223_UMAHATUL MARDIYAH_PGMI.docx

Download (2MB)

Abstract

Mardiyah, Umahatul. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Sholat Fardhu Menurut Kajian Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Sholat, Kitab Mabadiul Fiqhiyah

Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah yaitu salah satu kitab yang bermadzab Imam Syafi’I, yaitu salah satu madzab yang kebanyakan atau mayoritas masyarakat Indonesia gunakan sampai saat ini. Karya beliau Umar Abdul Jabbar itu terbagi menjadi empat juz dan beliau menulis pertama kali karya beliau kitab ini adalah pada bulan Rajab tahun 1932 M/1353 H. kitab Mabadi’ul Fiqhiyah ini menjelaskan atau di dalamnya terdapat tentang hukum-hukum agama islam yang memiliki keterkaitan dengan amalan ibadah sehari-hari.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam shalat menurut kajian kitab mabadi’ul fiqhiyah. (2) Untuk mengetahui penerapan nilai-nilai dalam shalat menurut kajian kitab mabadi’ul fiqhiyah.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Library Research. Library Research yang merupakan jenis penelitian yang memerlukan studi pustaka. Walaupun banyak orang sering membedakan antara riset kepustakaan (library research) dan riset lapangan. Riset pustaka sekaligus memerlukan memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Tegasnya riset pustaka membatasi kegiatannya hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaannya saja tanpa memelukan riset lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai ibadah shalat dalam kitab mabadiul fiqhiyah adalah (1) mendekatkan diri kepada Allah SWT, (2) menentramkan jiwa, (3) mendidik disiplin waktu, (4) mendidik taat dan tertib, (5) menjaga kebersihan. Nilai-nilai ibadah shalat kitab mabadiul fiqhiyah merupakan sarana untuk penyempurnaan melaksanakan ibadah shalat dan merupakan media untuk mendekatkan diri kepada All ah SWT untuk menjalani kehidupan sehari-hari serta menghadapi tantangan zaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:28
Last Modified: 21 Jun 2021 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15837

Actions (login required)

View Item View Item