..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Peran Kegiatan Madrasah Diniyah Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Bulukidul Balong Ponorogo

Abdulloh, Muhammad Adib (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Peran Kegiatan Madrasah Diniyah Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Bulukidul Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210616063 MUHAMMAD ADIB ABDULLOH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Abdulloh, Muhammad Adib. 2021. Peran Kegiatan Madrasah Diniyah Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Bulukidul Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, M.SI.
Kata Kunci: Penanaman Karakter, Madrasah Diniyah
Dewasa ini masalah karakter merupakan salah satu problema yang selalu menjadi perhatian setiap bangsa. Terjadinya sebuah degradasi nilai-nilai karakter atau hilangnya sebuah karakter sudah barang tentu akan menjadi kemunduran setiap bangsa. Salah satu karakter yang harus tertanama adalah karakter religius yang merupakan sikap dan tanggungjawab seseorang terhadap tuhannya. SDN Bulukidul telah mengantisipasi hal tersebut dengan bekerjasama dengan madrasah diniyah dalam menanamkan karakter religius kepada siswa-siswinya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana kegiatan madrasah diniyah di Sekolah Dasar Negeri Bulukidul Balong Ponorogo dalam menanamkan karakter religius siswa. (2) mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai karakter relegius siswa dalam kegiatan madrasah diniyah di Sekolah Dasar Negeri Bulukidul Balong Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti merupakan instrumen dalam pengumpulan data di lapangan. Pengumpulan data oleh peneliti menggunakan wawancara, observai dan dokumentasi yang selanjutnya akan dideskripsikan dan dianalisis, terahir peneliti akan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan madrasah diniyah di Sekolah Dasar Negeri Bulukidul Balong Ponorogo ada tiga kegiatan yaitu baca tulis qur’an, penguatan pelajaran agama dan kesenian samroh. Setiap kegiatan menanakan nilai karakter religius yang berbeda . (2) dari ketiga kegiatan madrasah diniyah SDN Bulukidul melahirkan karkter cinta kepada Al-Qur’an, ruhul jihad atau jiwa yang selalu ingin brusaha, suka beribadah dan berakhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2021 01:32
Last Modified: 21 Jun 2021 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15831

Actions (login required)

View Item View Item