Pengaruh Peran Orang Tua dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar IPA secara Daring pada Siswa Kelas V di MI Ma'arif Polorejo Tahun Pelajaran 2020/2021

Farazilla, Fatiha (2021) Pengaruh Peran Orang Tua dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar IPA secara Daring pada Siswa Kelas V di MI Ma'arif Polorejo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617091 Fatiha Farazilla Perpus.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Farazilla, Fatiha, 2021. Pengaruh Peran Orang Tua dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar IPA secara Daring pada Siswa Kelas V di MI Ma’arif Polorejo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Self-Efficacy, Hasil Belajar IPA

Untuk mengurangi rantai penyebaran Covid-19, aktivitas belajar siswa di sekolah dihentikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan salah satunya yaitu “Belajar dari Rumah”. Orang tua memiliki peran penting dalam tercapainya kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan. Selain orang tua, self-efficacy (keyakinan diri) peserta didik akan memengaruhi tindakan yang akan dilakukan. Siswa yang memiliki self-efficacy tinggi akan merasa yakin dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Peran orang tua dan self-efficacy merupakan faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran orang tua siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo tahun pelajaran 2020/2021. (2) Self-efficacy siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo tahun pelajaran 2020/2021. (3) Hasil belajar IPA siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo Tahun Pelajaran 2020/2021. (4) Pengaruh peran orang tua dan self-efficacy terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo yang berjumlah 50 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil analisis data pada siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo tahun pelajaran 2002/2021 tentang peran orang tua menunjukkan dalam kategori sedang, yaitu sebanyak 30 siswa (60%). (2) Hasil analisis data self-efficacy siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo tahun pelajaran 2002/2021 menunjukkan dalam kategori sedang yaitu sebanyak 31 siswa (62%). (3) Hasil analisis data hasil belajar IPA siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo tahun pelajaran 2020/2021 berada dalam kategori sedang yaitu sebanyak 39 siswa (78%). (4) Ada pengaruh yang signifikan antara peran orang tua dan self-efficacy terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo tahun pelajaran 2020/2021 yaitu Fhitung sebesar 7,640721, Ftabel 3,20 sehingga H0 ditolak. Dan koefisien determinasi (R2) sebesar 24,536%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2021 01:27
Last Modified: 21 Jun 2021 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15829

Actions (login required)

View Item View Item