Penerapan Metode Usmani Dalam Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU 153 Roudlotul Huda Carangrejo Sampung Ponorogo

Ni'mah, Ulva Khoirun (2021) Penerapan Metode Usmani Dalam Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU 153 Roudlotul Huda Carangrejo Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ULVA KHOIRUN NI'MAH_211117031_PIAUD.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ni’mah, Ulva Khoirun. 2021. Penerapan Metode Usmani Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU 153 Roudlotul Huda Carangrejo Sampung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.

Kata Kunci: Kemampuan membaca huruf hijaiyah, Metode Usmani, Anak usia dini.

Pembelajaran al-Qur’an yang dimulai dari huruf hijaiyah itu tidak sedikit guru pengajar al-Qur’an mengajarkan cara membaca huruf hijaiyah yang benar, tidak sesuai dengan tajwid, serta dalam penggunaan metode hanya terbatas buku sebagai sumber sekaligus media pembelajaran, sehingga anak menjadi bosan dan mengalihkan perhatiannya pada orang lain. Dalam hal ini terdapat permasalahan mendasar yang menyebabkan fenomena diatas terjadi, yang salah satu diantaranya adalah kurangnya latihan-latihan anak dalam membaca huruf hijaiyah, dan ini terjadi ketika guru kurang memperhatikan terhadap anak didik. Yang disebut pengajaran huruf hijaiyah disekolah adalah belajar al-Qur’an dari mengenal huruf hijaiyah pengucapannya, membaca huruf hijaiyah dengan fasih dan benar sesuai dengan kaidah tajwid, keras, dan tegas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui guru menerapkan prinsip dasar pengajar metode Usmani dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah anak usia dini di RA Muslimat NU 153 Roudlotul Huda Carangrejo Sampung Ponorogo, (2) mengetahui prinsip dasar murid pada metode Usmani dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah anak usia dini di RA Muslimat NU 153 Roudlotul Huda Carangrejo Sampung Ponorogo, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode Usmani dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah anak usia dini di RA Muslimat NU 153 Roudlotul Huda Carangrejo Sampung Ponorogo.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan Studi Kasus. Metode pengambilan data yang digunakan peneliti adalah observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis data nya meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1). Penerapan yang dilakukan adalah selain materi pokok dari metode Usmani santri diberi materi tambahan seperti hafalan surat pendek serta memberikan target kepada anak-anak setiap kali pertemuan (2). Dengan menggunakan metode Usmani terbukti mampu mencetak kader-kader dengan lulusan yang mumpuni dalam membaca huruf-huruf hijaiyah (3). Mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil, mengerti dan menguasai ilmu tajwid, dapat mewaqofkan dan mengibtidakkan bacaan Al-Qur’an dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2021 01:25
Last Modified: 21 Jun 2021 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15823

Actions (login required)

View Item View Item