Peran Orang Tua/Wali Murid Dalam Menumbuhkembangkan Karakter Resiliensi Pada Anak Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Ponorogo

Rahmaningrum, Octaviana (2021) Peran Orang Tua/Wali Murid Dalam Menumbuhkembangkan Karakter Resiliensi Pada Anak Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
OCTAVIANA RAHMANINGRUM (210617068).pdf

Download (988kB) | Preview

Abstract

Karakter resiliensi sangat dibutuhkan oleh setiap orang dalam menghadapi kondisi perubahan-perubahan yang terus berkembang secara cepat dan kondisi yang tidak menyenangkan. Karakter resiliensi yang ditanamkan sejak dini akan membantu anak tumbuh dan berkembang menjadi individu yang dapat menghadapi berbagai permasalahan hidup dengan tegar dan bersikap optimis ketika sedang ditimpa kesulitan. Sehingga individu yang memiliki resiliensi dipastikan akan selalu berani menghadapi dan menyelesaikan masalah yang sedang ada di hadapannya tanpa harus menghindar. Individu yang memiliki resiliensi menganggap bahwa kesulitan sebagai tantangan, bukan sebagai ancaman. Resiliensi perlu ditumbuh kembangkan oleh orang tua melalui pengasuhan dan pendidikan yang tepat. Untuk itu orang tua perlu mempersiapkan anak agar mampu menghadapi berbagai masalah dan hambatan dengan kemampuan bertahan yang baik dan bangkit kembali. Peran orang tua dalam hal ini sangat penting. Karena orang tua tidak lagi bisa sekedar munggunakan cara tradisional dalam mendidik anak, tetapi orang tua harus terbuka dengan cara-cara baru yang semuanya bertujuan untuk menumbuh kembangkan karakter resiliensi pada anak.
Tujuan peneliti ini adalah: 1. Mengetahui dan menganalisayang dilakukan orang tua/wali murid dalam menumbuhkembangkan karakter resiliensi pada anak, 2. Mengetahui dan menganalisa faktor yang menghambat orang tua/wali murid dalam menumbuhkembangkan karakter resiliensi pada anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: 1. Observasi, 2. Wawancara, 3. Dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1).Peran orang tua dalam menumbuhkembangkan karakter resiliensi pada anak orang tua menjadi motivator dengan memberikan semangat, motivasi, dan supportkepada anak saat mengeluh dengan tujuan agar anak tidak mudah putus asa dan giat dalam belajar,mendorong anak untuk memandang kesalahan sebagai kesempatan untuk memperbaiki di lain hari anak dapat berbuat lebih baik dan pantang menyerah, mendukung cita-cita yang diinginkan dengan cara belajar yang. Selain menjadi motivator orang tua menjadi edukator dengan mengajari anak untuk berani menghadapi tantangan dengan mencoba mengerjakan soal-soal yang sulit,orang tua mengajari anak untuk bertanggung jawab dalam menghadapi kesulitan,mengajari anak untuk memberanikan diri bertanya jika mengalami kesulitan, dan orang tua menjadi mediator dimana orang tua mengusahakan mencari guru privat,orang tua melibatkan anak dalam kegiatan sosial dan beretika yang baik dengan orang tua, kegiatan ini sangat baik untuk menumbuhkan harga diri dan resiliensi pada anak.,(2). Faktor yang menghambat dalam menumbuh kembangkan karakter resiliensi diantaranya faktor eksternal dimana orang tua sibuk bekerja keras dalam mencari nafkah untuk membiayai anaknya. Kurangnya perhatian orang tua bagi pendidikan anaknya karena mereka membagi waktunya dengan bekerja untuk menambah dan menunjang kehidupanya, keadaan anak yang kadang-kadang masih terbelenggu dengan sifat malas dan tidak terkontrolnya anak saat bermain gadget yang menjadikan anak lebih emosional dan pemberontak, faktor internalnya anak tetap tangguh dan semangat sesulit apapun tugas yang dihadapi, mereka tetap mengerjakan dengan percayadiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Duwi Ulfa Nurdahli mi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2021 06:40
Last Modified: 18 Jun 2021 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15815

Actions (login required)

View Item View Item