Pengaruh Bimbingan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 6 SDN Kradinan 01

Pujianingsih, Sherli (2021) Pengaruh Bimbingan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 6 SDN Kradinan 01. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SHERLI PUJIANINGSIH (210617049).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pujianingsih, Sherli. Pengaruh Bimbingan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Matematika Siswa Kelas 6 SDN Kradinan 01. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika.

Rendahnya prestasi belajar siswa kelas 6 di SDN Kradinan 01 dalam mata pelajaran matematika dikarenakan pembelajaran dilakukan secara daring, tidak bisa dilakukan tatap muka secara langsung akibatnya penyampaian materi matematika kurang mengena dibenak siswa. Sehingga dengan adanya bimbingan belajar diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi matematika dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 6 SDN Kradinan 01, 2) untuk mengetahui besar kontribusi pengaruh bimbingan belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 6 SDN Kradinan 01.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Kradinan 01 yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bimbingan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas 6 mata pelajaran matematika pada masa pandemi covid-19. 2) untuk besar kontribusi pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 39%, dan 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2021 01:32
Last Modified: 18 Jun 2021 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15808

Actions (login required)

View Item View Item