Pengaruh tipe kepribadian terhadap minat belajar matematika pada model pembelajaran daring di kelas 5 MI Ma'arif al-ishlah Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020

Nikmah, Siti Mutamatun (2020) Pengaruh tipe kepribadian terhadap minat belajar matematika pada model pembelajaran daring di kelas 5 MI Ma'arif al-ishlah Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E-THESIS IAIN PO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat merupakan modal awal keberhasilan dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan adanya minat belajar siswa, maka akan muncul motivasi dari peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran dari awal hingga akhir sehingga tercapai hasil pembelajaran yang baik. Salah satu faktor internal yang dapat memicu minat belajar adalah kepribadian siswa.C.G. Jung, seorang ahli penyakit jiwa dari Swiss menggolongkan kepribadian menjadi dua tipe yaitu introvert dan ekstrovert. Oleh karena itu setiap siswa mempunyai tipe kepribadian masing-masing yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tipe kerpibadian yang ada pada diri seseorangmerupakan salah satu faktor internalyang dapat memengaruhi minat siswa dalam belajar terutama pada mata pelajaran matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana tipe kepribadian siswa di kelas 5 MI Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. (2) Bagaimana minat belajar matematika siswa pada model pembelajaran daring di kelas 5 MI Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. (3) Apakah tipe kepribadian berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika pada model pembelajaran daring di kelas 5 MIMa’arifAl-Ishlah Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 35 responden dari jumlah populasi 35 siswa kelas 5 MI Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi, sedangkananalisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil analisis menunjukkan: (1) tipe kepribadian siswa kelas 5 dikategorikan dalam tipe kepribadian ekstrovert dengan kategori tinggisebanyak 33 siswa dengan presentase sebesar 94,3%(2) minat belajar matematika pada pembelajaran daring dikategorikan dalam kategori sedang sebanyak 34 siswa dengan presentase 97,1% dan kategori rendah sebanyak 1 siswa dengan presentase 2,9%. (3) tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian terhadap minat belajar matemtika pada pembelajaran daring di kelas 5 MI Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 diperoleh nilai Fhitung = 1,449 < Ftabel =4,12 sehingga Ho diterima dan nilai Sig. lebih besar dari nilai probabilitas (0,237> 0,05). Sehingga Ho diterimadan Ha ditolak. Karena faktor kepribadian tidak berpengaruh terhadap minat belajar, kemungkinan ada faktor lain dari dalam maupun luar siswa yang turut berpengaruh terhadap minat seperti faktor psikologis, lingkungan, keluarga dan maupun jasmaniahnya.
Kata Kunci: Tipe Kepribadian, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2021 01:30
Last Modified: 18 Jun 2021 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15807

Actions (login required)

View Item View Item