Efektifitas Model Pembelajaran Mandiri Tipe Master Berbantuan Mindmapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV

Sholihah, Windya (2021) Efektifitas Model Pembelajaran Mandiri Tipe Master Berbantuan Mindmapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617056_WINDYA SHOLIHAH_ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sholihah, Windya. Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Tipe Master Berbantuan Mindmapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Matematika Materi Diagram Batang di Mi Ma’arif Patihan Kidul Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ulum Fatmahanik, Mpd,.
Kata Kunci: Model Pembelajaran MASTER, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu rendahnya intensitas hasil belajar siswa terhadap suatu materi pelajaran tertentu sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan menjawab soal-soal dalam pelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran fenomena ini akan berdampak pada hasil belajar matematika menjadi rendah. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran MASTER berbantu mindmapping. Dimana penelitian ini akan membuat siswa lebih fokus dan kreatif dalam memahami materi kususnya diagram batang.
Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran mandiri tipe MASTER berbantuan mindmapping pada materi diagram batang kelas experiment. (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe MASTER berbantuan mindmapping pada materi diagram batang kelas kontrol. (3) untuk mengatahui perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran mandiri tipe MASTER berbantuan mindmapping dan yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe MASTER berbantuan mindmapping pada materi diagram batang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Jenis penelitian eksperimen, yaitu Eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan rancangan penelitian expost facto. Dengan sampel dalam penelitian ini di kelas experiment berjumlah 20 siswa, dan kelas kontrol 20 siswa Untuk teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan Ancova.
Berdasarkan hasil data ditemukan : 1) Terdapat pengaruh hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran mandiri tipe MASTER berbantuan mindmapping diperoleh rata-rata sebesar 85,05 dengan presentase 49%. 2) Tidak terdapat pengaruh hasil belajar yang menggunakan model konvensional perolehan hasil rata-rata sebesar 77,75 dengan presentase 18%. dan 3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran mandiri tipe MASTER berbantuan Mindmapping dan yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe MASTER dengan diperoleh hasil uji Ancova sebesar 0,029 < 0,05

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2021 01:28
Last Modified: 18 Jun 2021 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15804

Actions (login required)

View Item View Item