Komparasi Minat Belajar Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo antara yang Bekerja dan Tidak Bekerja

Rismawati, Anindyya Yunita (2021) Komparasi Minat Belajar Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo antara yang Bekerja dan Tidak Bekerja. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Other (Skripsi)
skripsi perpus anindyya

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK

Rismawati, Anindyya Yunita. 2021. Komparasi Minat Belajar Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo antara yang Bekerja dan tidak Bekerja. Skripsi. Jurusan Penidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd,.

Kata Kunci: Minat Belajar, Mahasiswa PGMI yang Bekerja, Mahasiswa PGMI yang tidak Bekerja.

Minat adalah suatu kesukaan, kegemaran atau kesenangan akan sesuatu hal. Minat merupakan kecenderungan jiwa seseorang terhadap sesuatu objek, biasanya disertai dengan perasaan senang.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui bagaimana minat belajar mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo yang bekerja. 2) Mengetahui bagaimana minat belajar mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo yang tidak bekerja. 3) Mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan minat belajar mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo antara yang bekerja dan tidak bekerja.
Dalam rancangan penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode komparatif. Penelitian ini dilaksanakan di IAIN Ponorogo dengan jumlah populasi 211 Mahasiswa PGMI Angkatan 2017. Dari formula empiris Isaac memberikan hasil akhir jumlah sampel terhadap jumlah populasi dengan jumlah populasi 211 dapat dibulatkan menjadi 210, sehingga jumlah sampelnya adalah 131 dengan presentasi kesalahan 5%. Untuk menentukan siapa yang akan menjadi 131 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Peneliti menggunakan teknik sampel penelitian simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert dengan skor 1 - 4. Teknis Analisis data menggunakan data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Minat belajar mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo yang bekerja dalam kategori tinggi 13% sebanyak 9 mahasiswa, kategori sedang 75% sebanyak 50 mahasiswa dan kategori rendah 12% sebanyak 8 mahasiswa. 2) Minat belajar mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo yang tidak bekerja dalam kategori tinggi 20% sebanyak 13 mahasiswa, kategori sedang 69% sebanyak 44 mahasiswa, dan kategori rendah 11% sebanyak 7 mahasiswa. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo antara yang bekerja dan tidak bekerja. Berdasarkan uji t diperoleh nilai t0 =3,251 dan ttabel = 1,656752 , dimana t0 > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2021 01:27
Last Modified: 18 Jun 2021 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15803

Actions (login required)

View Item View Item