PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MOJORAYUNG 03 WUNGU MADIUN TAHUN AJARAN 2020/2021

Millatunikmah, Millatunikmah (2021) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MOJORAYUNG 03 WUNGU MADIUN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617226_MILLATUNIKMAH_SKRIPSI E THESIS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Millatunikmah. 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di SDN Mojorayung 03 Wungu Madiun. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (IAIN Ponorogo). Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata kunci: Pola Asuh, Prestasi Belajar
Prestasi belajar siswa di SDN Mojorayung 03 berbeda-beda, ada yang masuk dalam kategori tinggi, cukup, dan rendah. Salah satu solusi untuk menghadapi permasalahan tersebut yaitu adanya peran orang tua. Orang tua sebagai orang terdekat mempengaruhi cara anak berkembang. Orang tua yang memiliki pola asuh baik dapat mengerti kebutuhan anak, sehingga bisa lebih memperhatikan ketercapaian prestasi belajar anak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika di SDN Mojorayung 03. (2) mengetahui banyaknya kontribusi pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika di SDN Mojorayung 03.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis berupa analisis regresi linier sederhana.
Dari hasil penelitian pada siswa, pola asuh otoriter diterapkan pada 16 siswa dengan presentase 38%. Pola asuh demokratis diterapkan pada 20 siswa dengan presentase 48%. Serta pola asuh permisif diterapkan pada 6 siswa dengan presentase 14%. Data prestasi belajar siswa SDN Mojorayung 03 mata pelajaran matematika semester ganjil diperoleh nilai rata-rata 80. Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi linier sederhana diketahui bahwa nilai F hitung = 20,295. Dengan demikian terdapat pengaruh variabel pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai F hitung (20,295) > F tabel (4,07). Sedangkan kontribusi pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 33,7%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ULUM FATMAHANIK
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 08:02
Last Modified: 16 Jun 2021 08:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15793

Actions (login required)

View Item View Item