PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANTU ANAK BERMEDIA SOSIAL YANG BAIK (Studi Kasus Siswa SD di Desa Ketro Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan)

Miswanto, Miswanto (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANTU ANAK BERMEDIA SOSIAL YANG BAIK (Studi Kasus Siswa SD di Desa Ketro Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
MISWANTO_210617217_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Miswanto, 2021. Peran Orang Tua dalam Membantu Anak Bermedia Sosial Yang Baik (Studi Kasus Siswa SD di desa Ketro Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umi Rohmah. M.Pd,I.
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Media Sosial, Anak Sekolah Dasar.
Saat ini hampir semua anak SD di desa ketro sudah mampu bermedia sosial dan sering mengunggah konten-konten yang kurang bermanfaat seperi foto selfi dan joget-joget di media sosial. Peran orang tua sangat berpengaruh terhadap perilaku anak, jika orang tua berperan dengan baik maka anak akan tumbuh menjadi baik dan sebaliknya. Oleh karena itu peran orang tua sangatlah penting.
Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan bagaimana peran orang tua sebagai pendidik dalam membantu anak usia SD bermedia sosial yang baik; 2) Mendeskripsikan bagaimana peran orang tua sebagai teladan dalam membantu anak usia SD bermedia sosial yang baik; 3) Mendeskripsikan bagaimana peran orang tua sebagai pengawas dalam membantu anak usia SD bermedia sosial yang baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran orang tua sebagai pendidik dalam membantu anak usia SD bermedia sosial yang baik dilakukan oleh orang tua dengan cara memberikan pemahaman pengetahuan dampak baik dan buruk, menanamkan nilai sopan santun, memberikan ilmu bagaimana menjaga privasi, memberikan pemahaman berita hoaks; 2) Peran orang tua sebagai teladan dalam membantu anak usia SD bermedia sosial yang baik dilakukan oleh orang tua dengan cara tidak bermain media sosial saat beribadah, mengunggah konten positif seperi konten islami dan nasehat, tidak seharian bermain bermedia sosial, berhenti membuka media sosial disaat sedang mengemudi dan makan serta bersifat sopan dalam bermedia sosial; 3) Peran orang tua sebagai pengawas dalam membantu anak usia SD bermedia sosial yang baik dilakukan oleh orang tua dengan cara memberikan batasan waktu penggunaan handphone untuk mengakses media sosial, membelikan paket data khusus kepada anak sesuai kebutuhan belajar anak, mengurangi kapasitas penggunaan media sosial dengan cara membuat jadwal kegiatan harian anak, cek dengan siapa anak berteman di media sosial, mengetahui kegiatan apa yang dilakukan anak, dan batasan aplikasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan anak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 08:00
Last Modified: 16 Jun 2021 08:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15792

Actions (login required)

View Item View Item