NILAI-NILAI TAUHID DALAM KITAB AL–JAWAHIRU AL KALAMIYAH KARYA SYAIKH TAHIR BIN SALIH AL-JAZAIRY DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH

Ckalimah, Siti Nur (2021) NILAI-NILAI TAUHID DALAM KITAB AL–JAWAHIRU AL KALAMIYAH KARYA SYAIKH TAHIR BIN SALIH AL-JAZAIRY DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617222-SITI NUR CKALIMAH-PGMI-SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ckalimah, Nur Siti. 2021. Nilai-Nilai Tauhid Dalam Kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah Karya Syaikh Tahir bin Salih Al-Jazairy dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M. Ag.

Kata kunci: Tauhid, Kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah, Relevansi, Akidah Akhlak
Syaikh Tahir bin Salih Al-Jazairy adalah ulama’ berkebangsaan Syiria yang termasuk salah satu pembesar bidang bahasa dan sastra pada zamannya. Ayahnya seorang faqih bermazhab Maliki dan seorang mufti di Syam. Syaikh Tahir merupakan pengarang kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah yang berisi mengenai tauhid, isi kitab ini beliau jabarkan menjadi 6 bagain pokok yaitu rukun iman. Berkaitan dengan ini peneliti berusaha mencari relevansi nilai-nilai tauhid dalam kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah dengan materi akidah akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana relevansi nilai-nilai tauhid Rububiyah dalam kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah dengan tauhid Rububiyah dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. (2) mengetahui bagaimana relevansi nilai-nilai tauhid Uluhiyah dalam kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah dengan tauhid Uluhiyah dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. (3) mengetahui bagaimana relevansi nilai-nilai tauhid Asma’ Wa Sifat dalam kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah dengan tauhid Asma’ Wa Sifat dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Kajian Pustaka (library research) adalah telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Adanya relevansi nilai-nilai tauhid Rububiyah dalam kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah dengan materi akidah akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Dalam kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah nilai Rububiyah antara lain kita harus meyakini iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada rasul, iman kepada kitab, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qada’ dan qadar. Dalam mata pelajaran akidah akhlak dinamakan rukun iman, yang isinya sama dengan yang ada di kitab, namun pembahasan lebih ringan dan mudah dipahami. (2) Adanya relevansi nilai-nilai tauhid Uluhiyah dalam kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah dengan mata pelajaran akidah akhlak 1 Madrasah Ibtidaiyah. Dalam kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah nilai Uluhiyah dijabarkan dengan cara mengimani adanya Tuhan yaitu beribadah. Sedangkan dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah nilai tauhid Uluhiyah dijabarkan dalam bentuk anak dilatih untuk terbiasa mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah seperti basmalah, syahadat, istigfar, kalimat tarji’. (3) Adanya relevansi nilai-nilai tauhid Asma’ wa Sifat dalam Al–Jawahiru Al–Kalamiyah dengan mata pelajaran akidah akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Dalam Kitab Al–Jawahiru Al–Kalamiyah nilai Asma’wa Sifat dijabarkan dengan berbagai sifat-sifat wajib Allah, dan sifat mustahil Allah. Sedangkan dalam mata pelajaran akidah akhlak tauhid Asma’wa Sifat dijabarkan melalui pengenalan asma’ Allah yang dirangkum dalam asmaul husna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 08:03
Last Modified: 16 Jun 2021 08:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15791

Actions (login required)

View Item View Item