Pengaruh Status Pekerjaan Ibu Terhadap Kemandirian Dan Self-Efficacy Anak Dalam Belajar Di Kelurahan Tonatan Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo

Firdaus, Faisal (2021) Pengaruh Status Pekerjaan Ibu Terhadap Kemandirian Dan Self-Efficacy Anak Dalam Belajar Di Kelurahan Tonatan Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FAISAL FIRDUS 210615084 .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Firdaus, Faisal. 2020. Pengaruh Status Pekerjaan Ibu terhadap Kemandirian dan Self-Efficacy Anak dalam Belajar di Kelurahan Tonatan Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.

Kata Kunci: status pekerjaan, kemandirian belajar, self efficacy.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter pada abad 21. Orang yang berkarakter akan memiliki kualitas hidup yang baik dalam semua aspek. Oleh sebab itu, penanaman karakter digalakan pemerintah melaui peraturan perundang-undangan. Karakter yang harus dimiliki oleh siswa sebagai generasi penerus bangsa adalah kemandirian dan self efficacy. Kedua karakter ini sudah seharusnya ditingkatkan terutama dalam hal belajar. Kemandirian dan self efficacy dalam belajar anak ini dipengaruhi oleh banyak faktor yang salah satunya adalah lingkungan keluarga. Oleh sebab itu, perlu adanya kajian lebih lanjut tentang pengaruh lingkungan keluarga seperti status pekerjaan ibu terhadap kemandirian dan self efficacy anak dalam belajar di rumah.
Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui tingkat kemandirian dan self efficacy anak dalam belajar di Kelurahan Tonatan; (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh status pekerjaan Ibu terhadap kemandirian anak dalam belajar di Kelurahan Tonatan; dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh status pekerjaan Ibu terhadap self-efficacy anak dalam belajar di Kelurahan Tonatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel penelitian yaitu status pekerjaan Ibu sebagai variabel bebas (X), kemandirian belajar anak (Y1) dan self efficacy dalam belajar (Y2) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini berjumlah 452 anak dengan rentang usia 10-12 tahun atau kelas 4-6 SD. Pengambilan sampel atau subyek penelitian dilakukan dengan cara teknik Non Random Sample dengan tipe purposive sampling. Dilakukan pengambilan data menggunakan angket dengan sampel sebanyak 60 anak yang terdiri dari 30 anak dari Ibu bekerja dan 30 anak dari Ibu rumah tangga dan observasi kepada pihak keluarga yang disurvey serta wawancara kepada ibu yayng bekerja dan ibu rumah tangga. Teknik analisis data menggunakan uji Regreasi linier sederhana yang dibantu dengan software SPSS versi 16.0.
Pengujian hipotesis dengan uji regreasi linier sederhana diperoleh hasil penelitian; (1) Kemandirian belajar anak dari ibu bekerja tergolong lemah, kemandirian belajar pada anak dari ibu rumah tangga sebagian besar pada kategori kuat dan cukup. Self efficacy anak dalam belajar dari ibu bekerja sebagian besar tergolong kurang, sedangkan self efficacy anak dalam belajar dari ibu rumah tangga sebagian besar tergolong cukup; (2) Status pekerjaan ibu berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar anak di Kelurahan Tonatan. Terbukti dari nilai sig. ibu bekerja 0,001<0,05 dan angka koefisien regresi 0,573, sedangkan status ibu rumah tangga memperoleh nilai sig. 0,000<0,05 dan angka koefisien regresi 0,975. Maka semakin baik pola pengasuhan ibu bekerja maupun ibu rumah tangga, maka semakin baik pula kemandirian belajar anak di rumah; (3) Status pekerjaan ibu berpengaruh signifikan terhadap self efficacy anak dalam belajar di Kelurahan Tonatan. Terbukti dari nilai sig. ibu bekerja 0,000<0,05 dan angka koefisien regresi 0,714, sedangkan status ibu rumah tangga memperoleh nilai sig. 0,000<0.05 dan nilai angka koefisien regresi 0,886. Maka semakin baik pola pengasuhan ibu bekerja maupun ibu rumah tangga, maka semakin baik pula self efficacy anak dalam belajar di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:01
Last Modified: 16 Jun 2021 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15788

Actions (login required)

View Item View Item