..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Semester 2 SDN 1 Kebondalem Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021

Seviana, Kiki (2021) ..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Semester 2 SDN 1 Kebondalem Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617047 KIKI SEVIANA PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seviana, Kiki. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Semester 2 SDN 1 Kebondalem Tegalombo Pacitan Tahun Ajaran 2020/2021, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si..
Kata Kunci : Learning Cycle 5 E, Minat, Hasil.
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pem belajaran matematika memiliki beberapa kendala. Matematika merupakan mata pelajaran yang seringkali dianggap paling sulit dan selalu membosankan, sehingga hal ini mempengaruhi minat dan hasil belajar siswa. Kebanyakan siswa menganggap bahwa Matematika sangat menakutkan karena selalu menghitung dan jika satu angka salah maka semuanya akan salah, selain itu mata pelajaran ini dianggap selalu terpaku pada rumus dan tidak ada kreativitas sama sekali. Pembelajaran yang terlalu serius dan selalu terpaku pada rumus membuat siswa tidak semangat, mengantuk dan merasa sangat bosan sehingga kebanyakan siswa mengikuti pelajaran matematika karena terpaksa. Hampir seluruh siswa kelas V mendapatkan nilai ujian di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menjadi salah satu bukti bahwa minat belajar siswa masih sangat rendah yang kemudian berdampak pada hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran matematika pada materi bangun ruang dengan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap minat dan hasil belajar (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5 e terhadap minat belajar matematika materi bangun ruang, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5 e terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang, dan (4) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5 E terhadap minat dan hasil belajar matematika materi bangun ruang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Desaign (non-design). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest desaign, yang terdapat pretest sebelum dilakukan perlakuan dan terdapat posttest sesudah tdiberi perlakuan yang digunakan sebagai pembanding. Maka pada penelitian ini hanya melibatkan satu kelas perlakuan dan eksperimen untuk mengetahui penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap minat dan hasil belajar siswa matematika pada siswa kelas V semester 2 SDN 1 Kebondalem.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (a) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap minat dan hasil belajar matematika maka H0 ditolak dan Ha diterima , (b) terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E terhadap minat belajar matematika dengan nilai sig 0,000 < 0,05, (c) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 E terhadap hasil belajar matematika dengan nilai sig 0,002 < 0,05, dan (d) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 E terhadap minat dan hasil belajar matematika dengan nilai sig pada minat 0,000 < 0,05 dan hasil belajar 0,002 <0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 E terhadap minat dan hasil belajar. Dari hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 5 E berpengeruh terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Kebondalem.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:07
Last Modified: 16 Jun 2021 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15786

Actions (login required)

View Item View Item