Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Siswa di Rumah (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo)

Mahesta, Triya (2021) Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Siswa di Rumah (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211217041_Triya Mahesta_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahesta, Triya. 2021. Manajemen Perpustakaan Sekolah dalam Menunjang Kegiatan Belajar Siswa di Rumah (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo). Skripsi. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. AB Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.
Kata kunci: Manajemen Perpustakaan, Perpustakaan Online
Manajemen perpustakaan sekolah merupakan proses mengoptimalkan kontribusi manusia, dan anggaran untuk mencapai tujuan perpustakaan, karena perpustakaan sekolah sebagai sub sistem dari sebuah organisasi. Perpustakaan online merupakan perpustakaan jaringan, bukan sebuah perpustakaan yang memiliki situs web dan berdiri sendiri, tetapi adalah jaringan perpustakan yang dilayankan secara online dan dapat diakses selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Perpustakaan online yang lebih menekankan adanya koleksi digital yang dapat diakses selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu di dalam perpustakaan maupun jarak jauh tanpa harus datang ke perpustakan secara fisik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui perencanaan perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar siswa di rumah. (2). Mengetahui implementasi perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar siswa di rumah. (3). Mengetahui evaluasi perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar siswa di rumah.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: (1) Perencanaan perpustakaaan sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo saat PJJ yaitu perpustakaan merencanakan pengembangan buku digital sebagai buku referensi yang tidak hanya digunakan saat pandemi saja, melainkan juga digunakan dalam waktu jangka panjang. (2) Adanya PJJ juga mempengaruhi layanan perpustakaan, sehingga pelaksanaan perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar siswa di rumah, pustakawan tetap berusaha selalu meningkatkan pelayanan berbasis IT, dan juga perpustakaan tetap memberikan informasi sumber belajar dalam bentuk online kepada siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. (3) Kegiatan evaluasi dilakukan dengan cara kunjungan, dan pemantauan langsung kepada petugas. Waktu pelaksanaan evaluasi dilakukan setiap sebulan sekali, pada awal bulan, baik dari sekolah maupun dari pihak PT Kubuku. Saat pandemi, pihak perpustakaan juga melakukan evaluasi dengan siswa, dengan cara berkoordinasi melalui whatsapp. Apakah ada kendala atau tidak dalam menggunakan aplikasi e-library.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB.Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:04
Last Modified: 16 Jun 2021 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15784

Actions (login required)

View Item View Item