..(TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN KONFLIK PEMINATAN KETERAMPILAN DALAM MENUMBUHKAN ETOS BELAJAR SISWA DI SLB B PERTIWI PONOROGO

Romadhoni, Umi Ula (2021) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN KONFLIK PEMINATAN KETERAMPILAN DALAM MENUMBUHKAN ETOS BELAJAR SISWA DI SLB B PERTIWI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi umiula_211217056_a4.doc

Download (17MB)

Abstract

Romadhoni, Umi Ula. 2021. Manajemen Konflik Pemetaan Kelas Disabilitas dalam Menumbuhkan Etos Belajar Siswa di SLB B Pertiwi Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.,

Kata Kunci: Manajemen Konflik, Disabilitas, Etos Belajar
Pada tahun 2017 jumlah anak usia pendidikan dasar dan menengah yang tidak sekolah masih tinggi di Indonesia, survei sosisal ekonomi pada tahun 2016 menunjukkan, dari 4,6 juta anak yang tidak sekolah, satu juta diantaranya adalah anak berkebutuhan khusus. Selama ini, penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus atau anak dengan disabilitas lebih banyak dilakukan disatuan pendidikan khusus atau Sekolah Luar Biasa (SLB). Padahal, tidak semua daerah Indonesia memiliki SLB. Dari data Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Menyebutkan, dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia, 62 diantaranya tidak memiliki SLB. Jumlah 1,6 juta anak berkebutuhan khusus di Indonesia pun baru 10 persen yang bersekolah di SLB. Sistem pendidikan SLB telah membangun tembok eksklusifme bagi anak-anak berkebutuhan khusus, karena sejak awal mereka diisolasikan dari teman sebayanya. Dari permasalahan tersebut tentunya SLB mempunyai peran ganda yang mana, terjadinya konflik di lingkungan dan juga pengembangan konflik yang ada di dalam internal lembaganya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi pengelolaan konflik, (2) memaparkan terkait praktik pengelolaan konflik, (3) mendeskripsikan hasil praktik dari adanya pertentangan konflik.
Menjawab peryataan diatas penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta penelitian ini dilakukan di SLB B Pertiwi Ponorogo. Ada 4 guru keterampilan dan kepala sekolah beserta wakilnya yang menjadi objek penelitian ini. Sedangkan untuk, metode pengumpulan data menggunakan metode penelitian kualitatif.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa ((1) strategi pengelolaan konflik dikelola dengan mengedepankan perbedaan potensi pada setiap anak dengan memberikan banyak keterampilan, dan guru menerapkan pola komunikasi menggunakan bahasa oral dan bahasa isyarat. (2) pemetaan keterampilan yang ada di SLB B Pertiwi Ponorogo dilakukan dengan cara seleksi minat dan bakat yang dipegang oleh guru melalui pengamatan sehari-hari. Program pembelajaran dilakukan selama satu semester, dengan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan kehendak guru. (3) dorongan semangat murid SLB B Pertiwi Ponorogo timbul akibat pola komunikasi yang baik. Sehingga semangat belajar menghasilkan prestasi belajar yang bagus. Baik prestasi keterampilan pada bidang keterampilan maupun akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:03
Last Modified: 16 Jun 2021 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15783

Actions (login required)

View Item View Item