..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMK PGRI 2 Ponorogo

Majduddin, Mahrus (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD PENDAFTARAN WISUDA_WATERMARK MAHRUS MAJDUDDIN_211215010_TARBIYAH MANAJEMEMN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Majduddin, Mahrus. 2021. IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK PGRI 2 PONOROGO. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.Ahmadi, M.Ag.
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Evaluasi Kinerja, Kinerja Guru
Salah satu faktor utama yang sangat menentukan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah tersedianya guru professional yang mampu melaksanakan tugas pembelajaran dengan penuh tanggung jawab. Kegiatan evaluasi sebenarnya merupakan aspek krusial bagi sebuah lembaga pendidikan. SMK PGRI 2 Ponorogo secara berkala melaksanakan evaluasi pembelajaran bagi guru guna untuk menjamin kualitas pendidik. Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana perencanaan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di SMK PGRI 2 Ponorogo? (2) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di SMK PGRI 2 Ponorogo? (3) Bagaimana monitoring dalam evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di SMK PGRI 2 Ponorogo?
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di SMK PGRI 2 Ponorogo yaitu Kepala Sekolah melakukan perencanaan dengan membentuk tim panitia evaluasi kinerja, perencanaan ini dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan dari evaluasi kinerja. (2) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di SMK PGRI 2 Ponorogo, dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran ini sudah menerapkan prinsip-prinsip yang yang ada. Walaupun sebelumnya telah melalui proses perencanaan, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih ada kendala, untuk mengatasinya maka diperlukan kerjasama dan komunikasi dari semua pihak. (3) Monitoring dalam evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru di SMK PGRI 2 Ponorogo. akan mengambil kebijakan dengan pertimbangan hasil evaluasi kinerja. Setelah evaluasi pembelajaran ini selesai, Sekolah menyiapkan berbagai alternatif kebijakan. Yang menarik di SMK PGRI 2 Ponorogo ini adalah ada filosofi yang ditanamkan yaitu lebih baik merangkak daripada jalan di tempat artinya guru-guru diharapkan mempunyai peningkatan untuk kualitas kinerjanya meskipun bertahap sedikit demi sedikit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:53
Last Modified: 16 Jun 2021 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15782

Actions (login required)

View Item View Item