Pengaruh Motivasi Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Ponorogo Pada Masa Pandemi COVID-19

Sholaika, Yuliana Siti (2021) Pengaruh Motivasi Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Ponorogo Pada Masa Pandemi COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIANA SITI S 211417036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sholaika, Yuliana Siti. 2021. Pengaruh Motivasi dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Ponorogo di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Motivasi, Konsep diri, Hasil Belajar IPS Terpadu, COVID-19
COVID-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi kualitas pendidikan saat ini, guru dan siswa harus melakukan pembelajaran dalam ruang virtual terbatas. Siswa dituntut untuk aktif dalam partisipasi setiap pemberian tugas, dan siswa lebih membutuhkan dorongan dari luar individu maupun dalam individu agar mampu mengkonsep dirinya ke arah yang positif sehingga membuahkan hasil belajar yang maksimal di masa pandemi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat pengaruh motivasi terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Ponorogo pada masa pandemi COVID-19, (2) Mengetahui tingkat pengaruh konsep diri terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Ponorogo pada masa pandemi COVID-19, (3) Mengetahui tingkat pengaruh Motivasi dan Konsep Diri secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Ponorogo pada masa pandemi COVID-19.
Penelitian ini dirancang dengan metode kuantitatif deskriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi linear berganda, alisisis koefisien determinasi, uji T dan uji F. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 1 Ponorogo. Ada 54 siswa kelas VIII A-B yang dijadikan populasi dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket untuk mengumpulkan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Terdapat pengaruh motivasi terahadap hasil belajar IPS Terpadu dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 34,5%, dan nilai t hitung 4,476 > t tabel sebesar 1,994 dengan nilai signifikasi (sig) 0.000 < 0,05, (2) Terdapat pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar IPS Terpadu dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 22,7% dan nilai t hitung 3,023 > t tabel sebesar 1,994 dengan nilai signifikasi (sig) 0.004 < 0,05, (3) Terdapat pengaruh motivasi dan konsep diri dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 44,5% dan nilai F Hitung 20,425 > F tabel 3,11 dengan nilai signifikasi (sig) 0.000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:49
Last Modified: 16 Jun 2021 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15779

Actions (login required)

View Item View Item