..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi (Studi Kasus di SMAN 1 Jenangan)

Umam, Hafidza Yutsanani Kholisul (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi (Studi Kasus di SMAN 1 Jenangan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211217070_HAFIDZA YUTSANANI_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya pandemi covid-19 mengharuskan lembaga pendidikan
menerapkan pembelajaran jarak jauh. Adanya pembelajaran jarak jauh yang relatif
baru bagi dunia pendidikan mengharuskan banyak perubahan dalam
menyesuaikan pembelajaran di masa pandemi. Kinerja guru di masa pandemi
merupakan kunci bagi kelangsungan pembelajaran, yang meliputi perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Sejalan dengan hal tersebut, upaya
kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam meningkatkan serta mengoptimalkan
kinerja guru di masa pandemi yang mana kepala sekolah merupakan penanggung
jawab secara keseluruhan dalam suatu lembaga termasuk kinerja guru di masa
pandemi.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian
dengan tujuan: (1) untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan
kemampuan guru melakukan perencanaan pembelajaran di masa pandemi. (2)
untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru
melakukan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi. (3) untuk mengetahui
upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru melakukan evaluasi
pembelajaran di masa pandemi.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan
datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) upaya kepala sekolah dalam
perencanaan pembelajaran yaitu adanya komunikasi terkait hambatan yang
ditemui guru, adanya sosialisasi perubahan rencana pembelajaran, monitoring,
motivasi, serta supervisi akademik. (2) upaya kepala sekolah dalam pelaksanaan
pembelajaran oleh guru yaitu dengan adanya pemantauan dalam pembelajaran
daring, serta melakukan IHT terkait Google Classroom sebagai media
pembelajaran daring di SMAN 1 Jenangan. Selain itu juga membentuk tim khusus
guna mengontrol siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran daring.
(3) upaya kepala sekolah dalam evaluasi pembelajaran oleh guru yaitu dengan
mengontrol segala aspek yang berkaitan dalam mendukung evaluasi
pembelajaran, adanya sosialisasi IHT E-rapor guna mempermudah pelaporan hasil
evaluasi pembelajaran, serta pelaksanaan sosialisasi A-Kinerja A-GLD dan SKP
Online dalam menanggapi administrasi yang mulai dilakukan secara online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. MUSYAFA' FATHONI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:47
Last Modified: 16 Jun 2021 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15776

Actions (login required)

View Item View Item