telaah materi tauhid dalam kitab ‘aqi><datu al-‘awa<m karya sayyid ahmad al-marzuky dan relevansinya dengan materi tauhid dalam mata pelajaran akidah akhlak di madrasah ibtidaiyah

Rifaldi, Rikhi (2021) telaah materi tauhid dalam kitab ‘aqi><datu al-‘awa<m karya sayyid ahmad al-marzuky dan relevansinya dengan materi tauhid dalam mata pelajaran akidah akhlak di madrasah ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
RIKHI RIFALDI_210617229_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rifaldi, Rikhi. 2021. Telaah Materi Tauhid dalam Kitab ‘Aqi>datu Al-‘Awa>m Karya As-Sayyid Ahmad Al-Marzu>ky> dan Relevansinya dengan Materi Tauhid dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M. Pd.
Kata Kunci :Tauhid, Kitab ‘Aqidatul Awam, Relevansi, Mata Pelajaran Akidah Akhlak

As-Sayyid Ahmad Al-Murza>ky adalah seorang mufti mazhabul-Maliki di Makkah. Beliau adalah seorang yang sangat ‘alim dan wara’, bahkan dikenal sebagai waliyullah. Suatu malam beliau bermimpi bertemu dengan Rasulullah Saw. lalu membacakan Syair-syair yang berisi tentang Tauhid. Syair tersebut beliau tuangkan dalam sebuah kitab yang berisi nama ‘Aqi>datu Al-‘Awa>m (Aqidah untuk orang awam) yaitu kitab yang membahas dasar-dasar agama islam. Berkaitan dengan ini peneliti berusaha mencari relevansi antara Kitab‘Aqi>datu Al-‘Awa>md engan mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana relevansi nilai-nilai Tauhid Rububiyah dalam kitab ‘Aqi>datu Al-‘Awa>m dengan Tauhid Rububiyah dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas III Madrasah Mbtidaiyah. (2) untuk mengetahui bagaimana relevansi nilai-nilai tauhid Asma Wa Sifat dalam kitab ‘Aqi>datu Al-‘Awa>m dengan tauhid Asma Wa Sifat dalam mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas III Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research). Kajian Pustaka (Library Research) adalah telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1) dalam tauhid rububiyah keduanya sama-sama membahas rukun iman (2) dalam Tauhid Asma wa Shifat kitab ‘Aqi>datu Al-‘Awa>m membahas masalah sifat-sifat Allah sedangkan mata pelajaran Akidah Akhlak membahas masalah Asmaul Husna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:32
Last Modified: 16 Jun 2021 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15773

Actions (login required)

View Item View Item