Manajemen Program Islamic Boarding School dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMA Bakti Ponorogo

Firoh, Mustadho (2021) Manajemen Program Islamic Boarding School dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMA Bakti Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211217051_MUSTADHO FIROH_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen program pendidikan adalah alat yang digunakan untuk mengatur terselenggaranya sebuah program pendidikan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan penilaian usaha-usaha pendidikan supaya dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya. Boarding school yaitu sebuah sekolah dengan asrama di mana sumber dayanya tinggal dan melakukan kegiatan di dalamnya sampai masa studinya selesai, dengan bersikap sopan santun, taat, dan menjalankan ajaran agama sebagai pribadi islami yang sudah termasuk sebagai karakter religius.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program islamic boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Bakti Ponorogo. 2) Untuk memaparkan pelaksanaan program islamic boading school dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Bakti Ponorogo. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi program islamic boarding school di SMA Bakti Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif yang mana pada hakekatnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai 1) Perencanaan program islamic boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Bakti Ponorogo dilakukan dengan beberapa langkah yaitu menentukan tujuan, visi dan misi, serta perencanaan kurikulum, perencanaan sarana dan prasarana serta pembiayaan program. 2) Pelaksanaan program islamic boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Bakti Ponorogo dilaksanakan dengan beberapa cara yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral action. 3) Evaluasi program islamic boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Bakti Ponorogo dilakukan menggunakan model evaluasi CIPP. a) Evaluasi context berupaya menggambarkan profil, visi, misi dan tujuan dari lembaga. b) Evaluasi input meliputi SDM, sarpras, kurikulum, serta produk dn aturan terkait program IBS Bakti Ummah. c) Evaluasi process meliputi evaluasi pembelajaran, di sini ustadz/ustadzah membimbimbing dan mengajari siswa untuk melaksanakan program kegiatan yang telah ditetapkan. Kemudian evaluasi siswa dilakukan pada tiap semester yaitu UTS dan UAS dengan metode syafahi dan tahriri. Kemudian ada setoran hafalan harian. d) Evaluasi product atau hasil yaitu program yang dijalankan IBS Bakti Ummah efektif dalam meningkatkan karakter religius siswa. Dibuktikan dengan perubahan sikap atau adab santri yang semakin baik, berhasil menerapkan 5S, tertib shalat berjamaah, tahfidz Al Qur’an dan mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:48
Last Modified: 15 Jun 2021 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15756

Actions (login required)

View Item View Item