Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Pada Siswa Kelas III MI Al-Kautsar Gajah Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Ridayanti, Erlia Isna (2021) Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Pada Siswa Kelas III MI Al-Kautsar Gajah Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617052_ERLIA ISNA RIDAYANTI_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas III di MI Al-Kautsar Gajah Sambit Ponorogo. Hal ini disebabkan karena pembelajaran tidak dikemas dengan model pembelajaran dan media yang menarik sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, kurangnya hasil belajar serta keaktifan siswa dalam pembelajaran disebabkan karena pembelajaran yang monoton yaitu penyampaian materi menggunakan metode ceramah dan tidak mengaplikasikan media sehingga pembelajaran PPKn cenderung membosankan dan kurang menarik minat para siswa. Maka melihat kenyataan yang demikian, perlu adanya alternatif dalam melakukan proses pembelajaran diantaranya menerapkan model pembelajaran Course Review Horay dan media Flipchart yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah (1.)untuk mengetahui keaktifan siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay dengan media Flipchart pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas III di MI Al-Kautsar Gajah. (2.) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay dengan media Flipchart pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas III di MI Al-Kautsar Gajah.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III MI Al-Kautsar Gajah Sambit Ponorogo yang berjumlah 18 siswa.
Dari hasil data ditemukan (1.) keaktifan siswa mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I kategori tinggi 23%, sedang 39%, rendah 39%, meningkat pada siklus II menjadi kategori tinggi sebesar 72%, sedang 28%, dan rendah 0%. (2.) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 67% dan tidak tuntas sebesar 33% meningkat pada siklus II behasil belajar tuntas 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:03
Last Modified: 15 Jun 2021 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15742

Actions (login required)

View Item View Item