Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di RA Muslimat Nu 049 Ngrupit II Jenangan Ponorogo

Saputra, Halwani Akhidya (2021) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di RA Muslimat Nu 049 Ngrupit II Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211115022_Halwani Akhidya Saputra_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru, Motorik Kasar, Anak Usia Dini
Kemampuan motorik kasar adalah kemampuan gerak tubuh yang menggunakan otot sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik, Menurut Piaget, belajar sensorimotor pada masa dini merupakan bangunan dasar bagi perkembangan perseptual dan kognitif yang lebih kompleks. Di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Jenangan Ponorogo berdasarkan hasil pengamatan peneliti anak belum sepenuhnya mampu mengendalikan motorik kasarnya dengan baik dan sempurna.
Tujuan Penelitian di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II adalah : 1) untuk mengetahui perkembangan motorik kasar anak usia dini; 2) untuk mengetahui bentuk-betuk kegiatan guru dalam Mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini dan 3) untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelas A tahun ajaran 2019/2020 semester genap. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perkembangan motorik kasar. Motorik kasar di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Jenangan Ponorogo menurut hasil observasi peneliti dari 12 anak terdapat 1 yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 11 anak Mulai Berkembang (MB); 2) Bentuk-bentuk kegiatan motorik kasar yang dilakukan guru di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II merupakan kegiatan yang melatih otot-otot besar anak dengan kemampuan konsentrasinya seperti melakukan kegiatan senam, berjalan melewati rintangan, lempar tangkap bola, berlari, bergelantungan dan 3) Strategi guru dalam Mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Jenangan Ponorogo adalah 1) Mencontohkan supaya ditirukan anak; 2) Pendampingan supaya anak. konsentrasi dan membenarkan jika terjadi kesalahan; 3) pengulangan supaya anak mampu dan terbiasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2021 07:49
Last Modified: 14 Jun 2021 07:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15735

Actions (login required)

View Item View Item