KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAKDI MTSN 3 PONOROGO

Kurniawan, Akhmad Sulkhi (2021) KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAKDI MTSN 3 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, iain ponorogo.

[img]
Preview
Text
210315188 AKHMAD SHULKI K PAI - WATERMAK.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali kegelisahan peneliti tentang pengalaman dan pengamatan peneliti mengenai kedisiplinan para peserta didik pada waktu belajar. Jadwal pembelajaran aqidah akhlak yang pada umumnya disekolah terlektak pada jam akhir ini membuat tidak kenyamanannya para peserta didik karena sudah lelah belajar sejak pagi juga faktor kondisi suhu siang yang panas membuat anak menjadi hilang kontrol sehingga banyak terjadi pelanggaran kedisiplinan pada proses belajar mengajar seperti ramai, sering banyak yang izin, bolos, tidur dan alasan lainnya. Sehingga para peserta didik belum sepenuhnya bisa adaptasi dengan kondisi, harapannya dengan adanya bimbingan mata pelajaran aqidah akhlak dan tata tertib beserta dibantu para guru lainnya bisa membentuk dan meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses belajar khususnya aqidah akhlak.
Tujuan penelitian ini: 1)Untuk mengetahaui kedisiplinan siswa kelas VIIIpada mata pelajaran aqidah akhlak di MTSN 3 Ponorogo. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa kelasVIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTSN 3 Ponorogo. 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan kedisiplinan siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTSN 3 Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan penelitian deskriptif kualitatif yaitu untuk menjelaskan gambaran yang sebenarnya ataupun paparan secara sistimatis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antar fenomena yang dimiliki. Peneliti yang berperan sebagai instrumen kunci, subjek penelitian ini ialah: kepala sekolah, guru aqidah akhlak, guru wali kelas, guru BK (bibingan konseling), dan para siswa MTSN 3 Ponorogo. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan kedisiplinan belajar siswa pada pelajaran aqidah akhlak.Setelah data tersebut diperoleh kemudian dilakukan pemeriksaan keabsaan data dengan menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian, kedisiplinan belajar siswa kelasVIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTSN 3 Ponorogo sebagai berikut: 1) kedisiplinan waktu dalam disiplin belajar aqidah akhlak, anak-anak datang tepat waktu dan juga ada beberapa anak yang bandel tidak segera masuk kelas. 2) kedisiplinan kepedulian terhadap tempat atau lingkungan belajar, siswa menjaga dengan baik semua peralatan belajar juga sebagian kecil ada anak yang kurang memperdulikan. 3) kedisiplinan siswa terhadapnorma dan peraturan dalam belajar. Waktu kegiatan belajar di kelas berjalan baik dan lancar, walau ada yang ramai dan tertidur karena jadwal belajar pada jam siang.Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa dipengaruhi dua faktor yakni Intrinsik dan ekstrinsik. Upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTSN 3 Ponorogo diantaranya dengan mensosialisaikan dengan mengajak menerapkan peraturan yang tertulis yang sudah disepakati, dengan bimbingan, tauladan, strategi belajar, kontrak belajar, sanksi atau hukuman, dan pembiasaan dengan tindakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fitri Ajhuri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:32
Last Modified: 15 Jun 2021 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15729

Actions (login required)

View Item View Item