..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU MIN 3 PACITAN

Trimuningsih, Luluk (2021) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU MIN 3 PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210616025_LULUK TRIMUNINGSIH_PGMI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Trimuningsih, Luluk 2021. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman
Mengajar terhadap Profesionalisme Guru MIN 3 Pacitan. Skripsi. Fakultas tarbiyah dan
Ilmu keguruan (FATIK), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd. Kata Kunci: Latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, profesionalisme
guru
Keberhasilan proses belajar mengajar ditentukan dari banyak faktor salah satunya
adalah seorang pendidik/guru. Guru menjadi pemberi fasilitas bagi siswa dalam proses
belajar mengajar dan mengembangkan potensinya. Latar belakang pendidikan guru dan
pengalaman mengajar adalah hal yang begitu penting bagi seorang pengajar karena dapat
mengetahui guru yang professional dan yang belum professional.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh latar belakang
pendidikan, terhadap profesionalisme guru MIN 3 Pacitan, (2) Untuk mendeskripsikan
pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru MIN 3 Pacitan, dan (3)
Untuk mendeskripsikan pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar
guru MIN 3 Pacitan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif
dengan jenis expost facto. Penelitian ini adalah penelitian populasi, karena seluruh
populasi dari guru MIN 3 Pacitan berjumlah 34 guru dijadikan sampel. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam menganalisis data
menggunakan analisis data regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini ialah (1) Berdasarkan hasil olahan statistik uji regresi
linier berganda nilai koefisien β bernilai positif sebesar 1.217 dan nilai thitung > t tabel yaitu
sebesar 5,171 > 2,03951 dengan tigkat signifikan 0,00 < 0,05. Dapat dikatakan bahwa
hubungan latar belakang pendidikan dengan profesionalisme guru berarah positif
sehingga setiap penambahan jenjang pendidikan dan kesuaian jurusan akan menambah
profesioanlisme guru. (2) Berdasarkan olahan statistik uji regresi linier berganda nilai
koefisien β bernilai positif sebesar 0,385 dan nilai thitung > t tabel yaitu sebesar 2,830 >
2,03951 dengan tingkat sigifikansi 0,008 < 0,05. Dapat dikatakan bahwa hubungan
pengalaman mengajar dengan profesionalisme guru berarah positif sehingga setiap
penambahan masa kerja akan menambah profesionalisme guru. (3) Berdasarkan data
olahan statisik uji regresi linier berganda dapat diketahui nilai F hitung adalah 34.139
dengan tingkat sinifikanasi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu tingkat probabilitas jauh lebih
kecil dari 0,05 dengan menggunakan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Sehingga ada
pengaruh signifikan secara bersama-sama dari latar belakang pendidikan dan pengalaman
mengajar terhadap profesionalisme guru MIN 3 Pacitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:28
Last Modified: 14 Jun 2021 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15726

Actions (login required)

View Item View Item