..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Upaya Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran AL-QUR’AN HADITS MELALUI MODEL PAIKEM GEMBROT Di MIN 2 Ponorogo

Rofi'ah, Umi (2021) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Upaya Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran AL-QUR’AN HADITS MELALUI MODEL PAIKEM GEMBROT Di MIN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMI ROFI'AH FIINISH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rofi’ah, Umi. Upaya guru dalam mengembangkan pembelajaran Al-Qur’an hadits melalui model PAIKEM GEMBROT di MIN 2 Ponorogo, skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo, Pembimbing Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.

Kata Kunci: Upaya guru, Al-Qur’an Hadits, Model PAIKEM GEMBROT

Dalam proses pembelajaran seorang guru hendaknya menguasai kemampuan menciptakan keadaan yang mendorong siswa untuk semangat dalam PBM. PAIKEM GEMBROT salah satunya, ini merupakan model pembelajaran yang mana seorang guru ditutut tidak sekedar mampu berkreasi, akan tetapi juga harus inovatif dalam mengatur siswa dan mengalokasikan waktu agar sesuai dengan kondisi siswa, sekolah, dan lingkungan masyarakat sehingga model ini cocok digunakan untuk mengembangkan pembelajaran Al-Qur’an Hadits.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan pembelajaran Al-Qur’an hadits melalui model PAIKEM GEMBROT, (2) mendeskripsikan kekurangan dan kelebihan apa yang dihadapi oleh guru saat mngembangkan Al-Qur’an hadits melalui model PAIKEM GEMBROT di MIN 2 ponorogo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penilitian yang digunakan yaitu studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan, penyajian data, redukasi data, yang terahir menyimpulkan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa penerapan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, gembira dan berbobot berlangsung dengan baik. Hal ini tercermin dari; 1). Aktivitas Guru, yakni upaya guru untuk mencerdaskan siswa-siswanya sangatlah besar yang telah guru lakukan, guru telah memberi contoh yang baik, mengarahkan, membimbing, mendidik, memberi tempat dan suasana yaang indah dalam mengembangkan. 2). Guru mengembangkan Al-Qur’an hadits selain menerangkan dan menghafal surat pendek, guru juga mengaitkan dalam kehidupan sehri-hari memberi contoh dan memberitahu cara menerapkannya jadi siswa bisa langsung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 3). Dalam guru mengembangkan pelajaran Al-qur’an hadits guru menggunakan model PAIKEM GEMBROT sehingga siswa bisa mengeluarkan ide-ide yang baru/mengembangkan dirinya, dengan aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan mempunyai hasil yang gembira dan berbobot.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FANINDA NOVIKA PERTIWI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:56
Last Modified: 14 Jun 2021 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15718

Actions (login required)

View Item View Item