Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Saputri, Wandha Ika (2021) Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617008_WANDHA IKA SAPUTRI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Keaktifan belajar yang dialami oleh peserta didik berhubungan dengan segala aktivitas yang terjadi, baik secara fisik maupun nonfisik. Jika siswa pasif, maka siswa hanya akan menerima informasi guru tanpa memahami dari isi materi dan cenderung lebih mudah melupakannya. Dari hasil pengamatan peneliti pada kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo, sebagian siswa sering memandang mata pelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
Tujuan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keaktifan belajar matematika pada siswa kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo? (2) Bagaimana hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo? (3) Adakah pengaruh yang signifikan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo dengan jumlah sampel 32 siswa. Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Analisis menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keaktifan belajar siswa kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo termasuk kategori sedang sebanyak 24 responden yang dinyatakan dalam prosentase 75%, (2) Hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo termasuk kategori sedang sebanyak 20 responden yang dinyatakan dalam prosentase 62%, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Temon Ngrayun Ponorogo. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji statistik yaitu Fhitung sebesar 5,1409 dan Ftabel sebesar 4,17 pada taraf signifikasi 5%. Karena Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak. Kemudian diperoleh koefisien determinasi sebesar 14,63% yang artinya keaktifan belajar berpengaruh sebesar 14,63% terhadap hasil belajar siswa, sisanya sebanyak 85,37% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidyati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:37
Last Modified: 14 Jun 2021 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15711

Actions (login required)

View Item View Item