Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Ma'arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Murtopo, Pion Joko (2021) Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Ma'arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316199_PION JOKO MURTOPO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Murtopo, Pion Joko. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Ix B Mata Pelajaran Pai Di Smp
Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi.Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo, Pembimbing: Arif Wibowo, M.Pd.I
Kata Kunci: Model PembelajaranArtikulasi, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan dalam proses belajar mengajar
yang cenderung menggunakan model ceramah, sehingga dalam proses pembelajaran
cenderung didominasi oleh guru, tanpa ada peran aktif dari siswa. Maka melihat kenyataan
yang demikian, perlu adanya alternatif dalam melakukan proses pembelajaran diantaranya
menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Model
pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran artikulasi, model pembelajaran ini
diharapkan dapat meningkatkan keberanian siswa dalam berpresentasi dan melatih siswa
untuk aktif berdiskusi di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran
artikulasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX B di SMP Ma’arif 1 Ponorogo
dan (2) Mengetahui prestasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran artikulasi
di kelas IX B pada mata pelajaran PAI di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan penelitian di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Yang mencakup II siklus dalam tiap siklusnya
meliputi 4 langkah, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa: (1) Model pembelajaran Artikulasi
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX B di SMP
Ma’arif 1 Ponorogo. (2) Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
di kelas IX B SMP Ma’arif 1 Ponorogo dengan menerapkan model pembelajaran Artikulasi
pada mata pelajaran PAI diperoleh kesimpulan sebagai berikut: model pembelajaran
Artikulasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I siswa yang masuk kategori
sangat baik sebanyak 10,7% dari 3 siswa, kategori baik sebanyak 53,5% dari 15 siswa,
kategori kurang baik sebanyak 35,7% dari 10 siswa. Pada siklus II naik menjadi 25,0% dari 7
siswa untuk kategori sangat baik, 67,8% dari 19 siswa untuk kategori baik, kemudian 7,1%
dari 2 siswa kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:35
Last Modified: 14 Jun 2021 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15710

Actions (login required)

View Item View Item