..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Implementasi Strategi Pembelajaran PAKEM di Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Jiwan Madiun

Firdausi, Tiara (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Implementasi Strategi Pembelajaran PAKEM di Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Jiwan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210315228 TIARA FIRDAUSI.pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Tiara Firdausi, 2020. Implementasi Strategi Pembelajaran PAKEM di Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Jiwan Madiun Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, PAKEM.

Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional dinilai menjemukan, kurang menarik bagi peserta didik sehingga berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Serta di sisi lain masih banyak anak yang beranggapan bahwa belajar adalah sesuatu yang sulit, menjemukan dan membosankan, sehingga tidak jarang dari mereka yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Namun, begitu usaha demi usaha harus diupayakan dengan berbagai strategi dan pendekatan agar peserta didik dapat dibantu keluar dari kesulitan belajar. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran di Bimbel lain yang kemungkinan didominasi oleh tutor. Dalam penyampaian materi, dimana siswa hanya duduk mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikan. Dengan demikian, suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif.
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tahapan pelaksanaan strategi PAKEM dalam peningkatan hasil belajar siswa pada Bimbingan Belajar Nurul Fikri Jiwan Madiun, 2) Hasil siswa setelah belajar dengan strategi PAKEM di Bimbingan Belajar Nurul Fikri Jiwan Madiun, 3) Apa saja faktor faktor pendukung dan penghambat dari strategi pembelajaran PAKEM yang dijalankan.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif berjenis studi kasus dengan teknik mengumpulkan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reducition), penyajian data (data display), dan kesimpulan (drawing conclusion).
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwasanya 1) Tahapan pelaksanaan strategi PAKEM pada Bimbel Nurul Fikri adalah tahapan interaksi, tahapan komunikasi, tahapan refleksi, tahapan eksplorasi, 2) Upaya yang dilakukan oleh pendidik Bimbel Nurul Fikri untuk membuat siswa cepat memahami materi yakni dengan meningkatkan kreator, fasilitator, motivator dan supervisor. Dengan adanya beberapa program pembelajaran yakni ARA TARI ( Aku Berani Tampil Sendiri ) Siswa di berikan kepercayaan untuk tampil memandu materi singkat yang sebelumnya sudah di jelaskan oleh tutor, ARA TAPA ( Aku Berani Bertanya dan Berpendapat ) Tutor memberikan materi singkat dengan membuat kerangka materi secara menarik, tutor mengajukan pertanyaan kepada siswa, siswa di dorong untuk menjawab pertanyaan.kemudian siswa bergantian bertanya di jawab oleh siswa lain, ARA DATO ( Aku Berani Berpidato ) Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi, siswa di latih berpidato singkat.kemudian tampil di hadapan siswa lain dan beberapa program pembelajaran yang masing-masing berdurasi 40 detik yakni, pertama program “MADURA (Melawan Durasi)” di mana anak setiap hari senin sampai rabu menyetorkan hafalan perkalian mulai dari perkalian 2 dan seterusnya, lalu pembagian 2 dan seterusnyadan disusul bilangan pangkat. Kedua program “SABARI (Sehari 5 Vocab Bahasa Inggris)” di mana setiap hari kamis diakhir pembelajaran, anak menyetorkan hafalan 5 vocab bahasa inggris urut sesuai yang ada di buku bimbel. Ketiga program “SABARA (Sehari 5 Mufrodat Bahasa Arab)” di mana setiap hari jumat diakhir pembelajaran, anak menyetorkan hafalan 5 vocab bahasa arab urut sesuai yang ada di buku bimbel. Keempat program “ACA (Aku Cinta Al Qur’an)” kegiatan khataman Al Qur’an yang dilaksanakan satu bulan sekali. Kelima program “ACI (Aku Cinta Indonesia)” di mana setiap 3 bulan sekali ada program rekreasi ke tempat wisata dengan diselipkan outbound, ice breaking, lomba dan lain sebagainya, 3) Hasil siswa setelah belajar dengan strategi PAKEM di antaranya, siswa lebih aktif, kreatif, antusias serta lebih terasah beranikan kemampuannya dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:27
Last Modified: 14 Jun 2021 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15700

Actions (login required)

View Item View Item