Bermain Kelereng Dan Petak Umpet Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di RA Insan Cendekia Ngujung Maospati

Sentaningrum, Cherin Rahma Imaniar (2021) Bermain Kelereng Dan Petak Umpet Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di RA Insan Cendekia Ngujung Maospati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CHERIN RAHMA IMANIAR SENTANINGRUM 211117025 PIAUD (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sentaningrum,Cherin Rahma Imaniar. 2021.Bermain Kelereng Dan Petak Umpet Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Ra Insan Cendekia Ngujung Maospati.Skripsi.Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen. Pembimbing,Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.
Kata Kunci : Bermian Kelereng dan Petak Umpet, Kemampuan Berhitung.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung 1-10 menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Undang – Undang No. 137 Tahun 2014, Indikator Pencapaian Perkembangan Anak (Kemampuan Berhitung) adalah sebagai berikut mengenal dan menyebutkan lambang bilangan 1-10, mengurutkan lambang bilangan 1-10, dan menghitung lambang bilangan 1-10. Hal ni terbukti dari hasil belajar menunjukkan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berhitung anak meliputi meningkatkan kemampuan berhitung mengenal dan menyebutkan, mengurutkan, dan menghitung angka 1-10 melalui metode permainan kelereng dan petak umpet.
Metode penelitian yang digunakan menggunaan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelompok A di RA Insan Cendekia Ngujung Maospati.
Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Mengenal dan menyebutkan angka 1-10 melalui permainan petak umpet dengan melihat nilai rata – rata yang diperoleh pada Pra tindakan adalah 7 dengan persentase nilai rata – rata 70%, siklus I adalah 5 dengan persentase nilai rata – rata 50% , sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata – rata 8 dengan persetase nilai rara – rata 80 %. (2) Mengurutkan angka 1-10 melalui permainan petak umpet dengan melihat nilai rata – rata yang diperoleh pada Pra Tindakan adalah 5 dengan persentase nilai rata – rata 50%,siklus I adalah 6 dengan persentase nilai rata – rata 60%, sedangkan pada siklus II mendapat nilai rata – rata 9 dengan persentase nilai rata – rata 90%. (3) Menghitung angka 1-10 melalui permainan kelereng dengan melihat nilai rata – rata yang diperoleh pada Pra Tindakan adalah 2 dengan persentase nilai rata – rata 20%, siklus I adalah 7 dengan persentase nilai rata – rata 70%, sendangkan pada siklus II mendapat nilai rata – rata 10 dengan persentase nilai rata – rata 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:09
Last Modified: 11 Jun 2021 07:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15695

Actions (login required)

View Item View Item