Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Di Kelas 3 MI GUPPI Sidomulyo Pacitan

Wahyuningsih, Tri (2021) Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Di Kelas 3 MI GUPPI Sidomulyo Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
etheses skripsi tri wahyuningsih.pdf

Download (942kB) | Preview

Abstract

Wahyuningsih, Tri. 2021. Peran Guru dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Tematik di Kelas III MI GUPPI Sidomulyo Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Evi Muafiah, M. Ag.

Kata Kunci: Peran Guru, Sikap Sosial, Pembelajaran Tematik
Sikap sosial merupakan kesadaran seseorang yang menentukan perbuatan nyata dan dilakukan secara berulang-ulang terhadap suatu objek di sekitar mereka. Sikap sosial ini, perlu dikembangkan pada diri seseorang agar mampu menyesesuaikan diri ketika sudah bertemu dengan masyarakat. Biasanya kita akan melakukan sikap sosial awal pada usia 6-12 tahun, karena pada masa ini seseorang akan masuk sekolah dan akan bersosialisasi dengan lingkungan yang ditempati. Melalui pembelajaran tematik siswa dapat mengembangkan sikap sosial mereka dengan bantuan dari beberapa peran seorang guru. Diantaranya ada sikap kerjasama, peduli, jujur, percaya diri, tanggung jawab, santun.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan apa yang dilakukan guru dalam mengembangkan sikap sosial melalui pembelajaran tematik di kelas 3, (2) mendeskripsikan kendala yang dialami guru daam mengembangkan sikap sosial di kelas 3, (3) mendeskripsikan dampak positif yang dilakukan guru terhadap perubahan sikap sosial melalui pembelajaran tematik di kelas 3.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dilakukan di MI GUPPI Sidomulyo Pacitan dan dirancang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode studi kasus, yang ditunjang dengan penelitian lapangan dan referensi berkaitan dengan tema yang dibahas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang berupa triangulasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) guru melakukan peran sebagai motivator, inspirator, uswah, demonstrator, evaluator dalam mengembangkan sikap sosial siswa melalui pembelajaran tematik. (2) kendala yang dialami guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa terdapat faktor internal yang dibawa sejak lahir dan faktor eksternal berupa lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya, pengalaman pribadi, pengaruh orang yang dianggap penting, pengaruh kebudayaan dan media massa. (3) dampak positif perubahan sikap sosial siswa terdapat sikap disiplin, kerja sama, peduli, percaya diri, santun, jujur dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:44
Last Modified: 11 Jun 2021 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15691

Actions (login required)

View Item View Item