Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SDN Legundi 1, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi)

Fatimah, Siti (2021) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SDN Legundi 1, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SITI FATIMAH 211217004.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

FATIMAH, SITI. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SDN Legundi 1). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Mutu Tenaga Pendidik, Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya manusia di masa pandemi covid-19 dan sebelum pandemi covid-19 tentunya sangat berbeda dalam melaksanakan manajemennya, seperti yang dilakukan oleh SDN Legundi 1 walaupun dalam masa pandemi covid-19 tetap melakukan manajemen secara optimal. Manajemen sumber daya manusia di SDN Legundi 1 dituntut untuk melakukan pengelolaan seefektif dan seefisien mungkin karena melihat beberapa permasalahan yang dihadapinya di masa pandemi covid-19 ini diantaranya, yaitu minimnya sumber daya manusia sehingga kekurangan kebutuhan tenaga pendidik, mutu tenaga pendidik yang rendah, dan kinerja tenaga pendidik yang menurun karena harus meropel beberapa tugas sekaligus.
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menjelaskan perencanaan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu tenaga pendidik di masa pandemi Covid-19 di SDN Legundi 1, (2) Untuk menjelaskan rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia dalam peningkatan mutu tenaga pendidik pada masa pandemi Covid-19 di SDN Legundi 1, (3) Untuk menjelaskan pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidik di masa pandemi Covid-19 di SDN Legundi 1. Maka dari itu peneliti fokus terhadap tiga penjelasan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian ini di SDN Legundi 1. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara online dan offline, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber informasi diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru kelas VI, dan Guru Agama. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan sementara.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Upaya Perencanaan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu tenaga pendidik di masa pandemi covid-19 ini SDN Legundi 1 mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk proses mendapatkan pengganti tenaga pendidik yang masa jabatannya akan berakhir dan tenaga pendidik yang meninggal dunia, (2) Upaya rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia dalam peningkatan mutu tenaga pendidik di masa pandemi covid-19 ini SDN Legundi 1 ini berdasarkan kebijakan Peraturan Pemerintah untuk menempatkan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), metode yang digunakan yaitu metode mutasi atau pindahan dari sekolah lain. Dan untuk tenaga pendidik latihan kerja proses rekrutmennya dilakukan oleh pihak sekolah sendiri dengan cara membuka lowongan kerja. Setelah rekrutmen tahap selanjutnya yaitu seleksi yang dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap administrasi dan tahap wawancara, (3) Upaya pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu tenaga pendidik di masa pandemi covid-19 ini SDN Legundi 1 ini menggunakan metode terjun langsung memegang pembelajaran secara online dan metode workshop yang dilakukan oleh Pemerintah secara offline dan online dengan menggunakan aplikasi Zoom dan Streaming Youtube.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:44
Last Modified: 11 Jun 2021 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15689

Actions (login required)

View Item View Item