Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di MI Ma'arif Beton Siman Ponorogo

Fatmawati, Krismonetta (2021) Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di MI Ma'arif Beton Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617168 Krismonetta Fatmawati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fatmawati, Krismonetta. 2021. Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Pada Masa Pandemi Di MI Ma’arif Beton. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I..
Kata Kunci: Upaya guru, Karakter disiplin, Pandemi Covid 19
Berbagai kebijakan telah dilakukan pemerintah terhadap pelaksanaan pendidikan di Indonesia pada masa pandemi covid 19. Diantaranya dengan memberlakukan proses pembelajaran dari rumah melalui pembelajaran daring atau dalam jaringan. Namun nampaknya pembelajaran daring saja belum mencukupi kebutuhan dalam hal pembelajaran peserta didik. Dampak pelaksanaan pembelajaran di rumah melalui daring tentu mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan karakter peserta didik. Karakter merupakan hal sangat esensial dalam berbangsa dan bernegara, hilangnya karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa. Karakter berperan sebagai “kemudi” dan kekuatan sehingga bangsa ini tidak terombang-ambing.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa pada masa pandemi covid 19 di MI Ma’arif Beton, (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan penunjang upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa pada masa pandemi covid 19 di MI Ma’arif Beton.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di MI Ma’arif Beton. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa kata-kata dan tindakan orang-orang yang diamati dan diwawancarai. Selebihnya adalah data tambahan seperti dokumentasi dan lain-lain. Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwasanya (1) upaya guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa pada masa pandemi covid 19 di MI Ma’arif Beton adalah dengan cara memaksimalkan peran-peran guru dalam kegiatan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Seperti melaksanakan kegiatan belajar mengajar melalui daring, luring, dan home visit. Berupaya memberikan bimbingan baik kepada siswa maupun orangtua siswa, berupaya memberikan pelatihan secara terus menerus melalui pembiasaan yang ada di sekolah, dan berupaya melaksanakan evaluasi dan penilaian secara menyeluruh baik proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Selain itu, upaya guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa pada masa pandemi covid 19 di MI Ma’arif Beton juga dilakukan dengan menerapkan metode-metode dalam kegiatan sehari-hari, seperti (a) metode pembiasaan, (b) metode keteladanan, (c) metode diskusi. (2) faktor-faktor yang menghambat dan menunjang upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa pada masa pandemi covid 19 di MI Ma’arif Beton meliputi (a) faktor pribadi dan kesadaran diri dari siswa (insting), (b) faktor kebiasaan, (c) faktor lingkungan seperti tempat tinggal siswa, (d) faktor kerjasama orang tua dengan guru, (e) faktor latihan, (f) faktor pemberian hukuman, dan (g) faktor metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:38
Last Modified: 11 Jun 2021 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15682

Actions (login required)

View Item View Item