implementasi mobile learning berbasis whatsappgroup pada mata pelajaran ski kelas 3 di mi ma'arif ngrupit ponorogo

aini, teti nur (2021) implementasi mobile learning berbasis whatsappgroup pada mata pelajaran ski kelas 3 di mi ma'arif ngrupit ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617074_TETI NUR AINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aini, Teti Nur, 2021. Implementasi Mobile Learning Berbasis Whatsapp Group pada Mata Pelajaran SKI Kelas 3 di MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.

Kata Kunci:Mobile learning,Whatsapp Group, Kedisiplinan, Mata pelajaran SKI
Mobile learning merupakan suatu alat atau terobosan baru yang muncul untuk sistem pendidikan. Salah satu program dari mobile learning adalah melalui aplikasi whatsapp, dalam aplikasi tersebut terdapat sebuah fitur yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi secara berkelompokyakni menggunakan grup. Dengan adanya grup ini, bagaimana guru dan siswa tetap dapat melaksanakan pembelajaranonline. Salah satu kendala dari pembelajaran online adalah tidak dapat mengkontrol kedisiplinan siswa dengan jelas, karena tidak dapat bertemu tatap muka. Sikap disiplin tercipta dari adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Oleh karena itu, guru dan siswa membutuhkan media sebagai sarana komunikasi untuk dapat berinteraksi tanpa harus berkumpul dan bertatap muka, seperti melalui whatsapp group.
Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mendeskripsikan penerapan metode mobile learning berbasis whatsapp group pada mata pelajaran SKI. (2) Untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan metode mobile learning berbasis whatsapp group pada mata pelajaran SKI kelas 3 MI Ma’arif Ngrupit. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang muncul dalam pengunaan mobile learning berbasis whatsapp group pada pembelajaran SKI kelas 3 MI Ma’arif Ngrupit.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu wawancara,observasi partisipatif dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan analisis data atau penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa (1)Penerapan metode mobile learning berbasis whatsapp group pada mata pelajaran SKI kelas 3 MI Ma’arif Ngrupit. Metode penjelasan materi melalui voice note dan youtube, penunjang lain yang diberikan untuk pembelajaran online adalah buku LKS, buku paket dan paket data internet. (2) Hasil dari penerapan metode mobile learning berbasis whatsapp group pada mata pelajaran SKI kelas 3 MI Ma’arif Ngrupit Hasil dari penerapan metode mobile learning berbasis whatsapp group pada mata pelajaran SKI kelas 3 MI Ma’arif Ngrupit bahwa, sebagaian siswa sudah memiliki nilai pengetahuan dengan nilai yang baik dan memuaskan, namun sebagian kecil lainnya masih memiliki nilai dibawah siswa yang lainnya. sebagian besar siswa aktif dalam pembelajaran SKI dan disiplin dalam mengumpulkan tugas. Sebagian kecil lainnya perlu perhatian khusus. Disiplin yang tercipta adalah disiplin belajar dan disiplin beribadah. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang muncul dalam pengunaan mobile learning berbasis whatsapp group pada pembelajaran SKI kelas 3 MI Ma’arif Ngrupit.Faktor pendukung dari penggunaan mobile learning berbasis whatsapp group ini adalah adanya motivasi baik dari dalam maupun dari luar, serta metode mengajar guru yang menarik. Faktor penghambatnya yaitu rasa malas, lebih sedang bermain dan kurangnya perhatian dari orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: restu yulia hidayatul umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:36
Last Modified: 11 Jun 2021 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15680

Actions (login required)

View Item View Item