kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik di ma darul huda ponorogo

Listriana, Eka (2021) kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik di ma darul huda ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217020_EKA LISTRIANA_KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK.pdf

Download (880kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Listriana, Eka. 2021. Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik (Studi Kasus di MA Darul Huda Mayak Ponorogo) skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag

Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Kepala Madrasah, Mutu Peserta Didik

Dalam rangka meningkatkan mutu peserta didik, perlu adanya seorang kepala madrasah dan para tenaga pendidik yang bertanggung jawab atas amanah yang diembannya. Dalam hal ini fungsi kepala sekolah sebagai innovator dan visioner sangat penting di sebuah lembaga pendidikan karena kepala madrasah merupakan seseorang yang mempunyai tanggung jawab menentukan kualitas lembaga tersebut dan mutu peserta didiknya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui inovasi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik di MA Darul Huda (2) untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik di MA Darul Huda
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification).
Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan (1) terdapat beberapa inovasi kepala madrasah di MA Darul Huda Mayak Ponorogo yaitu adanya ujian praktik kartu hijau dan program baru yaitu kartu aksi yang dulunya kartu sakti (2) strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik yaitu adanya beberapa kegiatan tambahan seperti ekstrakurikuler dan instrakurikuler, mengubah kurikulum untuk pelajaran agama menggunakan Bahasa Arab dan adanya evaluasi dengan musyawarah setiap awal, tengah dan selesainya program dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:47
Last Modified: 11 Jun 2021 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15676

Actions (login required)

View Item View Item