KONTRUKSI SOSIOLOGI PENGETAHUAN TERHADAP PERSEPSI TOKOH AGAMA TENTANG BATASAN USIA NIKAH (STUDI KASUS DI PONPES MIFTAHUL HUDA PURWOREJO PADANGAN BOJONEGORO)

Nuryanto, Prihadi (2021) KONTRUKSI SOSIOLOGI PENGETAHUAN TERHADAP PERSEPSI TOKOH AGAMA TENTANG BATASAN USIA NIKAH (STUDI KASUS DI PONPES MIFTAHUL HUDA PURWOREJO PADANGAN BOJONEGORO). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
UPLOAD TESIS_PRIHADI NURYANTO_503180021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Disahkannya Undang-undang No. 16 Tahun 2019 sebagai revisi dari Undang-undang No. 1 Tahun 1974 dengan menambah batasan usia nikah calon pengantin wanita yaitu dari 16 tahun menjadi 19 tahun sempat menyita perhatian publik. Lantaran hal itu memicu lonjakan pengajuan permohonan dispensasi umur pernikahan ke Pengadilan Agama pada umumnya meningkat drastis. Di sisi lain, meminta nasehat dan arahan tokoh agama dianggap langkah yang tepat dalam pemecahan masalah. Dengan harapan solusi yang didapatnya tidak akan berbenturan dengan norma-norma yang ada didalam agama. Penulisan Tesis ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi berusaha memaparkan bagaimana gagasan dan ide tokoh agama terkait batasan usia nikah serta implikasi terhadap masyarakat dengan menggunakan teori sosiologi pengetahuan Peter Ludwig Berger, mengacu pada tiga momen ; Eksternalisasi, Objektivasi dan Internalisasi. Sehingga nampak jelas nasehat dan arahan tokoh agama sebagai momen Eksternalisasi, kebiasaan dan adat yang berlaku sebagai momen Objektivasi dan bagaimana masyarakat menentukan langkah dalam penyelesaian masalah sebagai momen Internalisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: ABID ROHMANU
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:25
Last Modified: 11 Jun 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item