MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA SUNAN KALIJAGA PUYUT JENANGAN PONOROGO

Puji, Ariyanti (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA SUNAN KALIJAGA PUYUT JENANGAN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS PUJI ARIYANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Managemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Di Pondok Pesantren Mahasiswa Sunan Kalijaga Puyut Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis managemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup di Pondok Pesantren Mahasiswa Sunan Kalijaga Puyut Jenangan Ponorogo mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan life Skill dan keberhasilannya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatf dengan pendekatan studi kasus yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atu gejala tertentu.
Aktivitas dalam analisis meliputi paparan dan analisis (Tesis), pembahasan (anatesis) serta sinkronisasi dan transformasi
(sintesis).
Penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi manajemen pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup di Pondok Pesantren Mahasiswa Sunan Kalijaga Puyut Jenangan Ponorogo dalam perencanaan, lebih ditekankan pada proses pendekatan antar santri, organizing, dengan membuat struktur organisasi program life skill, yang terdiri dari pimpinan, direktur pengasuhan, staf pengasuhan, dan koordinator bidang program life skill dan santri Pondok Pesantren Mahasiswa Sunan Kalijaga Puyut Jenangan Ponorog. (2) Keberhasilan pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup (life skill) di Pondok Pesantren Mahasiswa Sunan Kalijaga Puyut Jenangan Ponorogo dapat dilihat setelah mengikuti kegiatan pembelajaran di pondok pesantren, santri mempunyai keterampilan (skills) dalam semua aspek kehidupan, ini dapat dilihat dari kemampuan mereka dalam mempraktekkan hasil pembelajarannya baik di lingkungan pondok pesantren maupun di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: umi rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:24
Last Modified: 11 Jun 2021 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15671

Actions (login required)

View Item View Item