paradigma pendidikan anak berkebutuhan khusus: studi analisis novel moga bunda disayang allah karya tere liye

Alhamidah, Nuri (2021) paradigma pendidikan anak berkebutuhan khusus: studi analisis novel moga bunda disayang allah karya tere liye. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURI ALHAMIDAH 210314206.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Alhamidah, Nuri. 2021. Paradigma Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Analisis
Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing Nur Kholis, Ph.D.
Kata Kunci: Pendidikan, Anak Berkebutuhan Khusus, Tere Liye.
Pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan
proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk
memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Dalam hal ini pendidikan terhadap
anak berkebutuhan khusus juga membutuhkan upaya dan kegigihan dalam pelaksanaannya, sebab
untuk mewujudkan suasana serta proses pembelajaran secara aktif terhalang oleh keterbatasan￾keterbatasan yang dimilki oleh peserta didik, jadi dibutuhkan peran pendidik yang profesional
yang memiliki tekad, semangat pantang menyerah serta motivasi yang kuat sehingga proses
pendidikan dapat berjalan sesuai dengan esensi pendidikan pada umumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan metode pendidikan yang digunakan
dalam mendidik anak berkebutuhan khusus dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere
Liye, (2) mendiskripsikan pendekatan evaluasi pendidikan anak berkebutuhan khusus dalam novel
Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan metode pendekatan
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), yakni telaah yang
dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan
kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan.
Berdasarkan analisa data ditemukan simpulan bahwa (1) terdapat berbagai macam metode
pendidikan terhadap anak berkebutuhan khusus namun terkait analisisnya dengan novel Moga
Bunda Disayang Allah metode yang lebih sesuai ialah metode pembelajaran dari rumah yang mana
latar cerita dalam novel tersebut berada diantara satu keluarga dengan setting didalam rumah
megah di bukit tengah kota. (2) pendekatan evaluasi pendidikan anak berkebutuhan khusus analisis
novel Moga Bunda Disayang Allah menggunakan pendekatan evaluasi monitoring, dimana dalam
novel tersebut tokoh pendidik melakukan evaluasi melalui pengamatan terkait kemajuan anak
didiknya muali dari makan, duduk dan mengenal lingkungan sekitarnya melalui indera peraba
yakni telapak tangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: NUR KOLIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:26
Last Modified: 10 Jun 2021 06:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15658

Actions (login required)

View Item View Item