konsep penguatan pendidikan karakter dalam kitab bidayatul hidayah bab adabu syuhbah wal muasaroh ma'al khaliq wa maal khalqi karya syekh imam al ghazali

Rahmawati, Sofia (2021) konsep penguatan pendidikan karakter dalam kitab bidayatul hidayah bab adabu syuhbah wal muasaroh ma'al khaliq wa maal khalqi karya syekh imam al ghazali. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617234_SOFIA RAHMAWATI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Sofia. 2021. Konsep Penguatan Pendidikan Karakter dalam Kitab Bidayatul Hidayah BabAdabu Syuhbah Wal Muasaroh Ma’al khaliq Wa Ma’al khalqi Karya Syekh Imam Al Ghazali. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kitab Bidayatul Hidayah, Nilai PPK
Bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami kemunduran moral yang sangat hebat, ditandai dengan tingginya angka seks bebas di kalangan remaja bahkan dikalangan anak-anak juga, maraknya penggunaan obat terlarang, bentrok antar warga, pelajar, mahasiswa dengan aparat, dan lainnya yang didasarkan hal-hal sepele. Hal itu tentunya akan memberikan dampak yang negatif terhadap suatu bangsa, untuk membentengi semua itu maka diperlukannya sebuah pembinaan akhlak melalui pendidikan akhlak, yaitu dengan meningkatkan akhlak serta memunculkan kembali karya-karya akhlak dari para ilmuan terdahulu. Salah satunya adalah kitab Bidayatul Hidayah karya syekh Imam Al Ghazali. Dalam kitab ini secara garis besar terdapat tiga aspek pembahasan, yaitu: Pertama, Mematuhi perintah Allah. Kedua, Menjauhi larangan Allah. Ketiga, Pergaulan dengan sesama manusia. Akan tetapi, pada penulisan skripsi ini lebih di fokuskan pada materi menjauhi larangan Allah dan adab pergaulan.
Dari latar belakang diatas, maka sangat penting untuk dilakukan sebuah penelitian isi dari kitab Bidayatul Hidayah secara lebih dalam. Karena di dalam kitab ini membahas tentang pendidikan karakter yang dapat dijadikan rujukan dalam melaksankan aktifitas ruhaniah sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana konsep pembinaan pendidikan karakter dalam premendikbud nomer 87 tahun 2017, Untuk mengetahui isi dalam kitab Bidayatul Hidayah bab adabu syukhbah wal muasaroh ma’al khaliq wa ma’al khalqi karya Syekh Imam Al Ghozali, Untuk mengetahui nilai-nilai dalam pembinaan pendidikan karakter dalam kitab Bidayatul Hidayah bab adabu syukhbah wal muasaroh ma’alkhaliq wa ma’al khalqi karya Syekh Imam Al Ghozali
Untuk menjawab pertanyaan di atas maka penelitian ini menggunakanjenis penelitian Library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksankan dengan bertumou pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji Kitab Bidayatu Hidayah Karya Syekh Imam Al Ghazali, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis.
Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konsep Penguatan pendidikan dalam Kitab Bidayatul Hidayahbab adabu syukhbah wal muasaroh ma’al khaliq wa ma’al khalqi karya Syekh Imam Al Ghozali, diantaranya: Religius, jujur, toleransi, Disiplin, Kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanag air, komunikatif, cinta damai, ghemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab. (2) Isi dalam kitab Bidayatul Hidayah bab Adabu Syukhbah Wal Muasaroh Ma’al khaliq Wa Ma’al khalqi karya syekh Imam Al Ghazali, diantara lain yaitu, melaksanakan perinta dan menjauhu laranggan Allah( Secara lahiriyah dan batiniyah), dan adab bermunajad kepada Allah dan sesama manusia. (3) Nilai-nilai penguatan pendidikan karakter dalam kitab Bidayatul Hidayah babAdabu Syukhbah Wal Muasaroh Ma’al khaliq Wa Ma’al khalqikarya syekh Imam Al Ghazali, diantara lain yaitu: Religius, jujur, toleransi, komunikatif, cinta damai, peduli sosial, tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:25
Last Modified: 10 Jun 2021 06:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item View Item