peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di ma darul huda ponorogo

Isnaini, Mushrokatul (2021) peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di ma darul huda ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217019_MUSHROKATUL ISNAINI_PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARSISWA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Isnaini, Mushrokatul. 2021. Peran Kepala madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.I.
Kata Kunci : Peran Kepala madrasah Sebagai Motivator, Prestasi Belajar Siswa
Dalam melakukan suatu pembelajaran yang efektif dibutuhkan suatu motivasi dari kepala madrasah dan guru. Dalam pemberian motivasi kepala madrasah harus mampu memotivasi semua tenaga kependidikan dan pendidik dalam menciptakan kepuasan kerja tim dengan komunikasi yang efektif. Di MA Darul Huda Ponorogo memiliki motivasi kepala madrasah yang baik. Hal tersebut ditandai dengan prestasi yang bnyak diraih oleh siswa MA Darul Huda.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui strategi motivasi kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Darul Huda Ponorogo (2) Untuk mengetahui hasil peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Darul Huda Ponorogo (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Darul Huda Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Strategi kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan pemeberian kata-kata atau petuah yang berisi motivasi yang dapat menjadikan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) Hasil peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu perlahan sudah meningkat. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan nilai PTS dan PAS, menurunnya angka remidi dalam PTS dan PAS, dan menurunnya presentasi ketidakhadiran siswa dikelas tanpa alasan. (3) (a) Faktor pendukung peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu banyak siswa yang bermukim dipondok sehingga dalam pengawasan dan pemantauan siswa dalam belajar sangatlah terkontrol dan mudah.aktor (b) Faktor penghambatnya yaitu siswa yang masih mengabaikan peraturan yang diberikan oleh sekolah dan kurang sadarnya pentingnya belajar dan guru yang kurang berpartisipasi dalam peraturan yang diberikan oleh sekolah.

ABSTRAK
Isnaini, Mushrokatul. 2021. Peran Kepala madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.I.
Kata Kunci : Peran Kepala madrasah Sebagai Motivator, Prestasi Belajar Siswa
Dalam melakukan suatu pembelajaran yang efektif dibutuhkan suatu motivasi dari kepala madrasah dan guru. Dalam pemberian motivasi kepala madrasah harus mampu memotivasi semua tenaga kependidikan dan pendidik dalam menciptakan kepuasan kerja tim dengan komunikasi yang efektif. Di MA Darul Huda Ponorogo memiliki motivasi kepala madrasah yang baik. Hal tersebut ditandai dengan prestasi yang bnyak diraih oleh siswa MA Darul Huda.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui strategi motivasi kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Darul Huda Ponorogo (2) Untuk mengetahui hasil peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Darul Huda Ponorogo (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Darul Huda Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Strategi kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan pemeberian kata-kata atau petuah yang berisi motivasi yang dapat menjadikan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) Hasil peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu perlahan sudah meningkat. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan nilai PTS dan PAS, menurunnya angka remidi dalam PTS dan PAS, dan menurunnya presentasi ketidakhadiran siswa dikelas tanpa alasan. (3) (a) Faktor pendukung peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu banyak siswa yang bermukim dipondok sehingga dalam pengawasan dan pemantauan siswa dalam belajar sangatlah terkontrol dan mudah.aktor (b) Faktor penghambatnya yaitu siswa yang masih mengabaikan peraturan yang diberikan oleh sekolah dan kurang sadarnya pentingnya belajar dan guru yang kurang berpartisipasi dalam peraturan yang diberikan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:35
Last Modified: 10 Jun 2021 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15652

Actions (login required)

View Item View Item