Analisis Nilai Moral Pada Novel Ayah Karya Andrea Hirata Dan Manfaatnya Untuk Pembelajaran Anak SD/MI

Ehsan, Arief Nur (2021) Analisis Nilai Moral Pada Novel Ayah Karya Andrea Hirata Dan Manfaatnya Untuk Pembelajaran Anak SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Arief Nur Ehsan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur Ehsan, Arief. 2021. Analisis Nilai Moral Pada Novel “Ayah” Karya Andrea Hirata Dan Manfaatnya Untuk Pembelajaran SD/MI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata kunci: Nilai moral, novel ayah
Seiring perkembangan teknologi, penanaman nilai-nilai moral saat ini tidak hanya dilakukan melalui lisan. Penanaman nilai-nilai moral tersebut dapat melalui media cetak seperti majalah, buku, novel, dan media visual lainnya yang dari waktu-kewaktu terus mengalami peningkatan. Novel merupakan salah satu media yang sangat sesuai untuk menanamkan nilai-nilai moral. Hal ini dikarenakan nilai-nilai moral yang ingin ditanamkan pada diri peserta didik dikemas dalam bentuk cerita sehingga lebih menarik.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai moral pada novel Ayah karya Andrea Hirata. (2) untuk mengetahui manfaat nilai-nilai moral pada novel ayah karya Andrea Hirata denagn pembelajaran SD/MI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library reseach (kepustakaan). Sumber data yang digunakan yaitu Novel “Ayah” karya Andrea Hirata sebagai data primer dan dan literatur-literatur yang berhubungan atau berkaitan secara konseptual berisi tentang niali-nilai moral saebagai data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu editing, oragnizing, dan penemuan hasil.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) nilai-nilai moral pada novel Ayah karya Andrea Hirata dibagi nenjadi 3. Pertama, hubungan manusia dengan Tuhan (tawakal, bedoa, beribadah, religius). Kedua, hubungan manusia dengan manusia (berbakti kepada kedua orang tua, berkata sopan terhadap orang tua, tolong menolong). Ketiga, hubungan dengan diri sendiri (sabar, bersyukur, jujur, pantang menyerah). (2) Nilai-nilai moral pada novel Ayah karya Andrea Hirata memliki manfaat dengan pembelajaran SD/MI pada nilai tawakal, religius, berbakti kepada orang tua, sopan, tolong menolong, jujur, pantang menyerah, persahabatan, penyanyang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:34
Last Modified: 10 Jun 2021 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15651

Actions (login required)

View Item View Item